Peringatan HUT Bela Negara

Nurdin Sebut Seluruh Elemen Masyarakat Punya Andil dan Peran Bela Negara
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 19-12-2016 | 17:14 WIB
Nurdin-Basirun.gif

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, seluruh elemen masyarakat, mulai dari Petani, Birokrat, Politikus, Ekonom dan bahkan pelaku ekonomi dan masyarakat biasa, memiliki andil dan peran yang sama dalam pelaksanaan bela negara. 

Sebab, ‎bela negara, bukan hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata, tetapi juga memberi pelatihan terbaik pada masyarakat dan generasi muda untuk mendorong dan mensukseskan pembangunan di Provinsi Kepri dan Indonesia dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

"Peran semua warga dan masyarakat Indonesia, di semua sektor sangat dibutuhkan, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terlaksana dengan peran dan kemampuan yang dimiliki," ujar Nurdin pada upacara Peringatan Hari Bela Negara di halaman kantor Gubernur Kepri, Senin (19/12/2016).

Seluruh elemen masyarakat tambah dia, dengan kegiatan dan profesi yang dimiliki, sangat dibutuhkan,  seperti di bidang Agama, Pendidikan, olah raga, ekonomi dan budaya serta semua sektor lainnya.

Bahkan, tambah Nurdin, seorang nelayan di pedalaman Provinsi Kepri, juga dibutuhkan peran dan tanggung jawabnya dalam pelaksanan bela negara. Caranya dengan melaporkan pada aparat jika ada informasi kejahatan atau pencurian ikan di laut, dan bahkan menangkap ikan sebagai sumber pencahariaan yang dijual ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga mengharapkan masyarakat Kepri di semua lini, turut dan berperan serta dalam memajukan pembangunan dan ekonomi Provinsi Kepri, dengan cara menjaga dan sama-sama melaksanakan pembangunan dengan segala kemampuan yang dimiliki.

"Kalau bela negara ini kita tanamkan dan lakukan dengan rasa tanggung jawab, tentu akan mempercepat program dan pelaksanaan pembangunan di negara kita, yang tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Editor: Udin