Pelindo akan Modernisasi 3 Pelabuhan di Tanjungpinang-Bintan
Oleh : Habibie Khasim
Senin | 19-12-2016 | 14:26 WIB
Pelindo-I-Tanjungpinang.gif

General Manager PT Pelindo I cabang Tanjungpinang I Wayan Wirawan (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelindo I (Persero) cabang Tanjungpinang-Bintan, akan melakukan modernisasi tiga pelabuhan di wilayah kerjanya, yaitu Pelabuhan Sri Bintan Pura, Sri Bayintan Kijang, dan Sri Payung. 

General Manager PT Pelindo I cabang Tanjungpinang I Wayan Wirawan mengatakan, renovasi gedung terminal domestik dan internasional pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang ditargetkan rampung 2018 mendatang.

"Kami juga sudah mengantisipasi supaya pembangunan di Sri Bintan Pura ini tidak mengganggu akses penumpang domestik dan internasional,"  ujar Wayan saat dihubungi, Senin (19/12/2016).

Untuk modernisasi di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang Kabupaten Bintan, Wayan mengatakan, kedua pelabuhan tersebut nantinya dikhususkan untuk aktivitas peti kemas. Hal ini disebabkan, aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan tersebut terus mengalami kenaikan rata-rata 20 persen per tahun.

"Di 2016 ini saja aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Sri Bayintan mengalami kenaikan sekitar 40 persen," tegasnya.

Wayan mengakui, kenaikan persentase tersebut disebabkan banyak kapal besar yang masuk ke Pelabuhan Sri Bayintan, di antaranya kapal dari Singapura, Jakarta, serta tol laut trayek T-6.

"Ini adalah potensi pendorongkrak perekonomian di Bintan dan Tanjungpinang. Kami juga berharap dengan kedatangan wisman Tiongkok, permintaan barang akan semakin meningkat, sehingga aktivitas bongkar muat pelabuhan Sri Bayintan semakin meningkat," tuturnya.

Sementara, untuk Pelabuhan Sri Payung Km 6 Kota Tanjungpinang, PT Pelindo I juga akan melakukan perbaikan mulai dari infrastruktur pelabuhan sampai pada sistem yang beroperasi di pelabuhan tersebut.

"Kami akan sterilkan pelabuhan tersebut, agar aktivitas bongkar muat berjalan lancar, Insya Allah akan kami perbaiki semua," tuturnya.

Editor: Udin