Buka Penerbangan Tanjungpinang-China, Citylink Andalkan Imigrasi untuk Pengawasan
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 18-12-2016 | 11:00 WIB
citylink.jpg

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kedatangan wisatawan China ke Tanjungpinang memang banyak diterpa banyak isu negatif. Meskipun mendatangkan efek positif bagi Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), namun banyak hal negatif yang timbul seperti maraknya TKA asal China di Indonesia melalui kunjungan wisata.

Untuk menepis isu tersebut, pihak Citilink mengandalkan Imigrasi dalam melakukan pengawasan atau screening warga negara China yang datang ke Indonesia.

Selain itu, pihak Citilink yang diwakili oleh Deny, mengatakan upaya yang mereka lakukan adalah bekerja sama dengan para travel agency lokl di China, dimana mereka melakukan pemesanan tiket wajib pulang dan pergi, serta hotel yg dibookingnya.

"Jadi mereka tentunya akan diawasi oleh travel agency china yang akan menyiapkan 1 orang tour leader untuk memimpin rombongan 20-25 orang dan akan bertanggung jawab dari mulai checkin di China. Mereka kawal ke pesawat, memimpin diperjalanan wisata dan memastikan kembali lagi dari Tanjungpinang ke China. Dan saya yakin pengawasan pun turut dilakukan oleh pihak imigrasi," tutur Deny saat dihubungi, Sabtu (17/12/2016).

Deny mengatakan, tidak terlalu memikirkan berita miring tentang kedatangan Wisman China ini. Namun, tetap melakukan pengawasan dan waspada, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

"Insya allah dengan kedatangan wisman ini bisa meningkatkan devisa dan membawa harum indonesia. Mengenai ini juga, perlu diketahui, bahwa kami juga sudah bekoordinasi dengan pihak Imigrasi lokal di China untuk antisipasi masalah-masalah, jadi sudah disaring dari China, diawasi oleh tour leader, dan Imigrasi Tanjungpinang yang siap siaga, jadi kita tidak terlalu khawatir," tuturnya.

Editor: Surya