Imigrasi Tanjungpinang Perketat Pengawasan Wisman Asal Cina
Oleh : Habibi
Kamis | 15-12-2016 | 10:14 WIB
logo-hut-batamtoday1.jpg

Imigrasi Tanjungpinang akan memperketat pengawasan terhadap wisman asal Cina.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Humas Imigrasi Tanjungpinang, Said mengatakan bahwa pihaknya akan memperketat pengawasan wisatawan mancanegara dari Cina yang melakukan penerbangan internasional menggunakan pesawat Citilink ke Tanjungpinang Kepulauan Riau pada Sabtu (17/12/2016) nanti.

 

Pengawasan itu menurut Said akan dilakukan dengan konsistensi yang sangat kuat, sehingga, jika memang sedikit saja ada kegiatan yang mencurigakan, pihak imigrasi akan langsung melakukan pemeriksaan.

"Artinya, jika ada hal aneh yang dilakukan wisman Cina di lapangan akan langsung ditindak sebagaimana yang sudah dikoordinasikan dari Imigrasi pusat," kata Said saat dihubungi Kamis (15/12/2016).

Pelaksanaan pengawasan itu sendiri memang masih dilakukan dengan sistem "on call", yang berarti dilakukan secara bertahap sambil melihat situasi perkembangan wisman di lapangan.

Dari rencananya, memang Imigrasi harus bekerja ekstra, mengingat pada flight Charter yang dilakukan wisatawan Cina ini di Tanjungpinang, mereka punya agenda selama 4 hari di Kepulauan Riau. Yang tentunya akan merepotkan, para wisman Cina tersebut tidak hanya di Tanjungpinang, namun akan juga melkuakn trip ke Pulau Bintan.

Wisatawan tersebut akan ke Tanjungpinang, menginap di Aston dan Hotel CK. Kemudian mereka akan trip ke Bintan dan sehari di Singapura. Prasarana pengawasan imigrasi di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang belum memadai, artinya tidak sesuai standar operasional prosedur.

"Tapi kita tetap komitmen akan membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan dan ini adalah tugas kita," tegasnya.

Terkait jumlah wisman, informasi sementara, jumlah wisman Cina yang melakukan penerbangan perdana ke Tanjungpinang sebanyak 180 orang untuk satu kali penerbangan.

Editor: Yudha