Jelang Natal, Polres Tanjungpinang Perketat Pengamanan Gereja
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 13-12-2016 | 15:26 WIB
kapolrespinangjoko.jpg

Kapolres Tanjungpinang AKBP Joko Bintoro. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jajaran Polisi Resort (Polres) Tanjungpinang akan meningkatkan pengamanan dengan menurunkan kekuatan penuh di sejumlah gereja. Ini semua demi kenyamanan masyarakat Tanjungpinang dalam menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2017.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Joko Bintoro mengatakan, ‎pihaknya akan menggelar pengamanan rutin saat menyambut Natal dan Tahun Baru seperti melakukan operasi lilin yang akan diadalak pada tanggal 19 Desember 2016 sampai dengan tanggal 3 Januari 2017.

"Kita juga akan melakukan Oprasi Lilin, yang dilakukan dari 19 Desember 2016 sampai dengan 3 Januari 2016," ujar Joko saat ditemui di Kantor Basarnas Kepri, Senin(12/12/2016).

Selain akan melaksanakan operasi lilin, Joko juga menjelaskan pihaknya akan mendirikan pos di deekat objek-objek vital seperti Bandara, pelabuhan, dan tempat-tempat perbelanjaan seperti Mall yang ada di Kota Tanjungpinang.

"Kita akan mendirikan pos di Pelabuhan, Bandara, dan Mall di Tanjungpinang kan ada dua mall jadi kita akan bangun satu pos di Ramayana, satu pos di Tanjungpinang City Center (TCC), jadi untuk pos pengamanan objek kita dirikan sekitar lima atau enam pos," katanya.

Sementara itu, tidak hanya itu yang dilakukan oleh Polres Tanjungpinang tetapi pihaknya juga akan mendirikan pos penjagaan di gereja. Dalam hal ini pihaknya akan meminta bantuan dari TNI serta organisasi kemasyarakatan yang akan dilibatkan.

Sementara itu, terkait dengan aksi teroris yang baru-baru ini terjadi dan di tangkap oleh Densus 88 Di Bekasi, ‎untuk selalu melaporkan apabila ada orang yang dicurigai atau orang baru yang dicurigai masuk jaringan teroris diharapkan dapat melaporkan langsung Ke Mapolres Tanjungpinang, supaya untuk menghindari kejadian dan hal yang tidak diinginkan.

"Untuk menyikapi hal tersebut melalui satuan intelijen kami akan melakukan deteksi dini terjadi aksi terorisme, ‎dan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkantibmas) dan satuan Bimbingan Masyarakat (Binmas) selalu datang ke Poskamling untuk menghimbau terus, agar melaporkan warga baru yang diduga jaringan teroris, menjelang tahun baru dan natal, memberikan suatu kekuatan untuk kemanan masyarakat Tanjungpinang," pungkasnya.

Editor: Dardani