Kapal Pendidikan Harus Perhatikan Keselamatan Siswa
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 10-12-2016 | 10:26 WIB
Kapal-Pendidikan1.jpg

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menghentikan kapal pendidikan yang kurang memperhatikan keselamatan siswa. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur H Nurdin Basirun memerintahkan Dinas Pendidikan untuk mendata lagi bantuan kapal pendidikan yang diperlukan masyarakat. Karena, dengan kondisi Kepri yang 96 persen adalah lautan, kapasitas kapal untuk transportasi pendidikan sangat diperlukan.

 

"Kemarin (Kamis) saya sampai menghentikan kapal yang membawa anak sekolah ke Rejai. Takut terjadi sesuatu karena mereka banyak duduk di atas," kata Nurdin usai melaksanakan shalat Jumat di Masjid Nur Ilahi, Dompak, Jumat (9/12/2016).

Sebelumnya, ketika mendampingi Kapolri melihat pencarian dan evakuasi musibah pesawat M28 Skytruck ke Senayang-Lingga, Gubernur Nurdin sempat menghentikan kapal bantuan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri yang membawa anak-anak sekolah. Karena para pelajar itu lebih memadat duduk di bagian atas kapal. Sementara di ruangan kapal masih belum terlalu padat.

"Jangan duduk di atas. Masuk ke dalam. Jaga keselamatan," kata Nurdin kepada para pelajar.

Nurdin pun mengingatkan kapten kapal untuk memberitahukan kepada pelajar tetap duduk di dalam. Kepada Dinas Pendidikan, Nurdin juga menegaskan agar bantuannya tidak hanya kapal, tapi juga life jacket.

"Anak-anak biasakan memakai life jacket selagi masih di kapal. Jangan pandang jarak yang dekat. Keselamatan harus dijaga," kata mantan nakhoda kapal ini.

Nurdin tak ingin setelah ada peristiwa baru sibuk saling menyalahkan. Antisipasi keselamatan sejak awal, bagi Nurdin adalah keharusan. Dengan menjaga keselamatan, itu juga, kata Gubernur merupakan bentuk sayang kepada kedua orang tua.

Nurdin pun paham jika para pelajar lebih suka melihat pemandangan terbuka dengan naik di atas kapal. Karena itu, perencanaan kapal nantinya harus lebih terbuka.

"Rancang terbuka, tapi lebih safety. Mereka masa depan kita," kata Nurdin.

Nurdin mengatakan, sebaiknya para pelajar itu pun bisa mendapatkan banyak pelajaran ketika ada di atas kapal sekolah mereka.

"Biar mereka semakin mencintai laut. Ke depan bisa menguasai berbagai kegiatan di laut," kata Nurdin.

Karena, Nurdin yakin akan-anak pulau di Kepri memiliki kepintaran. Apalagi sumber makanan dari ikan yang penuh gizi. Kepada para orang tua, Nurdin berpesan jangan sampai mereka terputus sekolah.

Saat berada di Tanjungkelit, Senayang, Nurdin pun sempat berkumpul dengan anak-anak. Dia bercanda sekaligus memotivasi untuk meraih cita-cita yang tinggi.

"Saya dulu macam gini juga, alhamdulillah diamanahkan untuk negeri ini. Nanti jadi Gubernur ya," kata Nurdin sambil meniup kepala seorang anak dan disambut tawa ratusan masyarakat.

Karena itu, Nurdin menegaskan dinas pendidikan untuk memperhatikan betul masalah ini. Jangan karena alat angkut tidak ada dan anak anak jauh dari sekolah, mereka tidak mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Editor: Yudha