Nurdin Minta Program Pembangunan di APBD Harus untuk Kebaikan Masyarakat

Susun Anggaran APBD Kepri 2017, Nurdin Kumpulkan Kepala SKPD
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 07-12-2016 | 19:02 WIB
Susun-Angaran-APBD-Kepri-2017,-Nurdin-Kumpulkan-Kepala-SKPD.gif

Rapat di ruang kerja Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengumpulkan seluruh Kepala SKPD Pemprov Kepri untuk memberi penekanan tentang program pembangunan pada tahun anggaran 2017, Selasa (6/12/2016). (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengumpulkan seluruh Kepala SKPD Pemprov Kepri untuk memberi penekanan tentang program pembangunan pada tahun anggaran 2017. Program-program itu harus sesuai dengan visi gubernur dan RPJMD yang telah ditetapkan.

"Skala prioritas pembangunannya harus jelas. Semuanya harus untuk kebaikan masyarakat. Terutama dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Nurdin, pada rapat di Ruang Kerja Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (6/12/2016).

Gubernur juga berpesan agar kepala SKPD untuk bekerja sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. "Yang paling penting programnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tegas Nurdin lagi.

Kepala Bappeda Kepri, Naharuddin MTP menyebutkan, skala prioritas pembangunan yang telah ditetapkan juga termasuk pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, kelautan perikanan, pariwisata, pertanian, pengentasan kemiskinan dan lainnya.

Pada sektor pertanian, kata Pak N, demikian panggilan akrab Naharuddin, malah Gubernur menekankan agar segera dibangun kawasan agrowisata seperti di Malang. Tahun 2017, pada lahan sekitar 50 hektar, prosesnya harus sudah dimulai.

"Pak Gubernur minta disesuaikan dengan kondisi kita. Tanamannya bisa durian, mangga, manggis, rambutan dan buah-buahan lokal lainnya," kata Pak N mengulangi penegasan Nurdin. Ini juga penting untuk mendukung sektor pariwisata Kepri.

Menurut Pak N, Gubernur juga sangat interes tentang pembangunan infrastruktur, terutama jalan dan jembatan. Demikian juga dengan pembangunan pelabuhan, baik penumpang, roro maupun kargo.

"Supaya arus barang dan orang bergerak cepat," kata Pak N.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sardison, mengatakan Gubernur juga menekankan pentingnya peningkatan koordinasi dengan Kementerian. Supaya sejumlah kegiatan banyak dilakukan di Kepri.
 
Editor: Udin