Pencarian 13 Korban Pesawat Polri Jatuh di Senayang Dibantu RCC Singapura
Oleh : Roland Aritonang
Minggu | 04-12-2016 | 09:02 WIB
basarnasmencaripsawtpolri1.jpg

Kepala Badan Search and Resecue (SAR) Nasional (Basarnas) Provinsi Kepulauan Riau Abdul Hamid SH. (Foto: Roland Aritonang/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk pencarian pesawat milik Polri yang hilang di perairan Senayang, Kabupaten Lingga, tim SAR dibantu oleh Rescue Coordinator Center (RCC) Singapore.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Search and Resecue (SAR) Nasional (Basarnas) Provinsi Kepulauan Riau, Abdul Hamid SH, saat melakukan konferensi pers di Kantor Basarnas Kepri, Tanjungpinang, Sabtu (3/12/2016).

‎"RCC Singapore juga membantu pencarian dengan menurunkan satu unit helikopter Super Puma dan satu unit Pick Wings," ujarnya.

Dalam pencarian korban peswat Polri yang jatuh di perairan Senayang, kata Abdul Hamid, Polair Polda Kepulauan Riau (Kepri) juga menurunkan 4 unit kapal.

"Berdasarkan Informasi dari Polair bahwa Pesawat Casa P. 240 Skytruck tipe M28 rute Pangkal Pinang menuju Batam hilang kontak," katanya.

Abdul Hamid mengungkapkan , pesawat itu lost kontak pada titik koordinat 00 19 48 N -104 50 36 E. Ketika mendapat informasi tersebut pihaknya langsung melakukan pencarian dengan menurunkan 1 unit kapal RB 209 dengan anggota sebanyak 17 orang dan satu unit Kapal RIP dengan anggota 15 orang, sekitar Pukul 12.30 WIB tadi.

"‎Kita menurunkan satu unit kapal RB 209 dengan anggota 17 orang dan satu unit Kapal RIP dengan anggota 15 orang," katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga telah mendapatkan potongan dari pesawat berserta barang korban sudah diamankan. Barang-barang dan runtuhan pesawat itu ditemukan oleh nelayan setempat.

Di tempat yang sama Direktur Polair Polda Kepri Kombes Pol Teddy JS Marbun mengatakan, terkait dengan awak pesawat tersebut diketahui ada sebanyak 16 orang. Tetapi diketahui pada saat itu 3 orang sudah turun di Bangka Pangkal Pinang.

"Jadi awak pesawat ada sebanyak 13 orang, dan ketiga orang itu antara lain ‎Brigadir San‎doko, Brigadir Hendri , dan Bripda Angga," pungkasnya.

Editor: Surya