Amankan Aksi Buruh dan Istiqosah 212, Polda Siapkan 2.000 Personil
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 30-11-2016 | 18:38 WIB
pengamanan-demo-212-yes3.jpg

Danrem 033/Wira Pratama Brigjen Fahri, Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusdian bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat mengecek kesiapan armada dan personel menghadapi aksi 212. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigudian mengatakan, dalam pengamanan aksi buruh pada 2 Desember 2016 atau (212) serta acara doa istoqosah umat Islam dalam mendukung aksi Damai Bela Islam III di Jakarta, Polda Kepri akan menurunkan 2.000 personil kepolisian dari sejumlah satuan di sejumlah titik Kepri. 

"Untuk pengamanan demo dan doa istiqosah yang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2016 nanti, sebanyak 2 ribu personil dari satuan polisi akan kami turunkan," ujar Brigjen Pol Sam Budigusdian, usai melaksanakan Apel Nusantara Bersatu, di lapangan Pamedan Tanjungpinang, Selasa (30/11/2016).

Sam Budigusdian juga mengatakan, dalam pelaksanaan aksi demo 212 di Jakarta, pada 2 Desember 2016, dari Kepri sendiri dipastikan tidak ada massa dari ormas Islam yang mengirimkan anggota untuk ikut berdem.

"Untuk di Kepri tidak ada demo, yang ada doa bersama atau istoqosa, dan peserta demo dari Kepri ke  Jakarta, hingga saat ini tidak ada. Yang ada hanya aksi massa buruh dalam menuntut UMK dan hal lainnya, dengan kekuatan massa 1.000 orang," ujarnya.

Terkait dengan adanya sejumlah orang yang berangkat dalam mengikuti aksi demo 121 dari Kepri, Sam mengatakan, jika yang berangkat tersebut perorangan, dan saat ini juga sedang dilakukan pendalaman.

"Dari monitoring dan info yang kami peroleh, yang berangkat itu hanya orang perorangan dan hal itu sedang kami dalami," ujarnya.

‎Sebelumnya, tambah Kapolda, buruh menyatakan akan menurunkan massa sebanyak 20 ribu orang. Tetapi diminta oleh Polda agar kegiatan zikir dan ibadah yang akan dilakukan pada 2 Desember nanti tidak dinodai dengan aksi massa yang dapat meresahkan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sam Budigusdian juga meminta seluruh elemen masyarakat di Kepri agar dapat menjaga kemanan dan ketertiban dan kebersamaan serta kebhinekaan serta soliditas bangsa untuk tetap utuhnya NKRI.

Editor: Udin