Horee... Jembatan I Dompak Dibuka untuk Umum
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 29-11-2016 | 12:43 WIB
Jembatan-Dompak1.jpg

Jembatan I Dompak Sudah Bisa Dilintasi Kendaraan. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri melalui dinas Pekerjaan Umum, secara resmi mulai membuka penggunaan Jembatan I Dompak yang menghubungan Tanjungpinang dengan pusat pemerintahan di Pulau Dompak.

Jembatan dengan Panjang 1,5 kilometer ini, sejak pukul 07.00 Wib Selasa, (29/11/2016), mulai dibuka dan dilewati sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat dari jalan Wiratno Tanjungpinang menuju jalan Istana Kota Piring, Dompak pusat pemerintahan Provinsi Kepri.

Kendati belum secara resmi dinyatakan dibuka untuk uUmum, Kepala dinas PU Kepri Heru Sukmoro mengatakan, penggunaan dan pemanfaatkan jembatan I Dompak tersebut dilakukan sebagai uji coba untuk umum, karena pelaksanaan pembangunanya sudah rampung siap dilakukan, dan jembatan juga sudah siap dilalui.

"‎Sebenarnya, jembatan sudah siap dan sudah tidak ada masalah, kami tinggal melaporkan Ke Gubernur, pembukaan secara resmi kapan dilakukan. Rencana hari ini, Selasa,(29/11/2016) ini saya akan segera menemui Gubernur, untuk meminta Pelaksanaan Pengoperasioan Jembatan Dompak ini,"ujar Heru Sukmoro Pada BATAMTODAY.COM, Selasa,(29/11/2016).

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun dan Sekda Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah juga menyatakan, akan segera membuka dan memanfaatkan penggunaan Jembatan I Dompak tersebut, untuk dilalui Masyarakat.

"Kalau sudah siap, kita juga ingin segera menggunakan dan membuka untuk umum. Dan dalam waktu dekat, saya akan tanya dulu Dinas PU mengenai teknisnya," ujar Nurdin Basirun.

Sementara itu, TS. Arif Fadillah juga menyatakan, jika memang jembatan tersebut sudah siap, dan sudah dapat digunakan masyarakat, Pihaknya juga meminta pada Dinas PU untuk segera membuka.

"Kami akan segera panggil dan tanya dinas PU mengenai masalah Teknisnya, dan jika memang sudah siap untuk digunakan, kita akan segera gunakan dan buka untuk masyarakat pada tahun ini," ujarnya.

Sementara itu, dari pantauan di jalan Jembatan Satu Dompak, sejumlah mobil dan motor masyarakat, khususnya PNS yang akan berangkat tugas ke kantor Gubernur di Dompak telah mulai melintas dan menggunakan Jembatan tersebut. Demikian juga sejumlah warga yang akan berangkat maupun pulang dari Tanju‎ngpinang ke Dompak.

Satpam PT Wika yang ditemui Wartawan di pos penjagaan pintu jembatan mengatakan, sejak Pukul 07.00 Wib, hari ini, telah banyak PNS dan warga masyarakat lainnya yang lewat dan melintasi jembatan tersebut.

Jauhnya perbandingan rentang kendali jarak tempuh dari jalan Fisabilillah km 8 Atas, Tanjungpinang menuju pusat pemerintahan yang mencapai 10-15 kilometer, membuat sejumlah PNS dan masyarakat lebih memilih lewat dari jembatan I Dompak yang hanya berjarak 5-6 kilometer untuk menjangkau sejumlah kantor Pemerintahan provinsi Kepri.

"Sesuai dengan perintah Dinas PU, pembukaan sudah mulai dilakukan sejak hari ini, dan dari pagi tadi sudah banyak mobil dan motor yang lewat," ujarnya.

Wita, salah satu warga yang baru melintasi Jembatan I dari Dompak mengaku sangat senang dan gembira dengan penggunaan dan pembukaan jembatan tersebut.

"Karena saya yang tinggal di Km II Tanjungpinang, untuk menuju Dompak, jarak tempuhnya lebih singkat, ‎dan badan juga tidak capek naik Motor," katanya.

Editor: Yudha