Dewan Pers Pastikan Tak Kirim Utusan Hadiri Workshop Jurnalis di Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 28-11-2016 | 20:26 WIB
dewan-pers-.JPG

Gedung Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih Jakarta. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dewan Pers memastikan tidak mengirim satu orang pun utusan untuk menghadiri kegiatan Workshop Jurnalis yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Hotel Aston Tanjungpinang selama tiga hari, Jumat-Minggu (25-27/11/2016).

Kepastian itu diungkapkan Sekretaris Dewan Pers Lumongga Sihombing menjawab BATAMTODAY.COM, Senin (28/11/2016). "Ketua tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain yang sudah terjadwal," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Lumongga, sebenarnya Ketua Dewan Pers sudah memberikan disposisi agar Wakil Ketua Dewan Pers, Ahmad Djauhar, untuk menghadiri kegiatan tersebut.

"Tapi karena disposisi dari ketua itu turun tanggal 24, sedangkan acaranya tanggal 25, jadi beliau bilang tidak bisa hadir," ungkap wanita berambut pendek itu lagi.

Sedangkan Anggota Dewan Pers yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry Chairudin Bangun saat dihubungi BATAMTODAY.COM mengatakan, dirinya tidak tahu ada kegiatan Workshop Jurnalis di Tanjungpinang itu. "Saya tidak tahu. Tapi coba dicek dulu ke sekretaris," ujar wartawan Kompas itu.

Sementara itu, beredar kabar dalam Workshop Jurnalis yang juga menghadirkan grup band asal Batam, Vira Band itu, dihadiri oleh perwakilan dari Dewan Pers. Apalagi, dalam buku panduan panitia, halaman lima, ditulis bahwa bertindak sebagai pemateri adalah Ketua Dewan Pers Nasional.

Menanggapi hal itu, akademisi Drs Zamzami A. Karim MA saat dihubungi BATAMTODAY.COM mengungkapkan, tidak ada seorang pun dari Dewan Pers yang hadir dalam workshop tersebut.

Kehadiran ahli pers itu tidak mewakili Dewan Pers, tapi sebagai akademisi. "Saya tidak dalam kapasitas mewakili Dewan Pers," tegasnya.

Editor: Dardani