Siklus Tropis Tokage, BMKG Peringatkan Warga Waspadai Banjir dan Gelombang Tinggi di LCS
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 26-11-2016 | 16:50 WIB
Air-laut.gif

Ilustrasi Siklus Tropis TOKAGE jelas BMKG, juga berdampak pada kondisi laut dan dapat meningkatkan ketinggian gelombang laut antara 1,25–2,5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah Utara Natuna. (Sumber foto: alirohman.blogspot.co.id)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat  mengeluarkan peringatan, akan terjadinya peningkatan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta gelombang tinggi di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Kepulauan Riu dari 26 November hingga 1 Desember 2016. 

Dari Siaran Pers yang dikirim, BMKG Pusat mengatakan, berdasarkan pantauan BMKG, kondisi atmosfer terkini terdapat Siklus Tropis "TOKAGE" di Laut Cina Selatan sebelah Barat Filipina, yang memunculkan beberapa indikasi potensi, hujan lebat berdurasi cukup lama, disertai kilat dan petir serta angin kencang, di sekitar wilayah Indonesia dalam periode 1 minggu ke depan.

Sejumlah daerah yang diprediksi akan terkena Siklus Tropis Tokage di Indonesia antara lain, wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan‎, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat bagian Barat dan Selatan, ‎ Jawa Tengah bagian Timur dan Selatan, Yogyakarta dan Jawa Timur serta Bali.

Selain wilayah barat dan Jawa, Siklus Tropis Tokage juga akan berdampak ke Indonesia Timur, seperti wilayah, Nusa Tenggara Barat bagian Barat, Kalimantan Barat bagi Barat dan Utara, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur bagian Utara, Kalimantan Utara, Maluku bagian Utara dan Tengah serta Papua bagian Utara dan Tengah.

‎"Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin," jelas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Pusat, Yunus Swarinoto dalam siaran Persnya.

Siklus Tropis TOKAGE jelas BMKG, juga berdampak pada kondisi laut dan dapat meningkatkan ketinggian gelombang laut antara 1,25–2,5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah Utara Natuna.

Di Tanjungpinang, Provinsi Kepri, sejak satu jam lalu telah berlangsung hujan lebat disertai angin kencang. BMKG Tanjungpinang mengatakan, hujan akan berlangsung sejak siang hingga sore di seluruh wilayah Bintan dan Tanjungpinang.

Editor: Udin