Pengawasan Masuknya TKA Ilegal

Warga China Serbu Tanjungpinang, Peran Imigrasi Sangat Diharapkan
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 15-11-2016 | 16:50 WIB
penumpangcitilink.jpg

Para penumpang pesawat Citilink. (Foto: Republika)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pada 17 Desember mendatang, maskapai Citilink akan mendatangkan wisatawan perdana dari jalur penerbangan Tanjungpinang-China sebanyak 500 orang.

Adanya jalur penerbangan ini, sangat dimungkinkan dimanfaatkan para tenaga kerja asing (TKA) untuk menjajaki pekerjaan di Tanjungpinang. Untuk itu, Pemko Tanjungpinang mengharapkan peran Kantor Imigrasi guna melakukan pengawasan.

Menurut Riono, bukan tidak mungkin jalur ini dimanfaatkan tenaga kerja ilegal, mengingat kesempatan tersebut terbuka lebar.

"Untuk itu kita akan meminta imigrasi untuk mengawasi, pokoknya masalah itu kita percayakan kepada Imigrasi," ujar Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono, Selasa (15/11/2016).

Mengingat warga Tionghoa yang juga banyak di Tanjungpinang, Imigrasi diharapkan dapat dengan cermat memantau jika memang terdapat kesempatan bagi wisatawan tersebut mencari kerja di Tanjungpinang.

"Kita lihat nantilah, yang jelas harapan kita, perekonomian Tanjungpinang maju dan berkembang. Masalah pengawasan itu bisa kita lakukan bersama, khususnya kita berharap peran serta Imigrasi besar nantinya," tutur Riono.

Editor: Dardani