Tambah Daya Gempur WFQR 4, Danlantamal IV Resmikan Kal Marapas II-4-65
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 11-11-2016 | 12:32 WIB
Peresmian-kapal1.jpg

Danlantamal IV Laksma TNI S Irawan meresmikan Kal Marapas II-4-65. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI S Irawan meresmikan Kal Marapas II-4-65 bergabung memperkuat Satkamla Lantamal IV Tanjungpinang, berlangsung dalam satu upacara militer di Dermaga Yos Sudarso Batu Hitam, Tanjungpinang (Jumat 11/11/2016).

Kal Marapas II-4-65 yang dikomandani Kapten Laut (P) Yose Rizal, merupakan hasil karya anak bangsa yang diproduksi di PT Tesco Indomaritim, Bekasi, pada tanggal 10 Agustus 2015 dan diluncurkan dari galangan pada tanggal 24 Juni 2016.

Berdasarkan keputusan Kasal Nomor: Kep/752/IV/2016 tanggal 7 April 2016 diserahkan ke Lantamal IV sebagai Kapal Angkatan Laut patroli cepat 28M berbahan Aluminium, yang selanjutnya masuk kejajaran Lantamal IV Tanjungpinang.

Pemberian nama Kal Marapas diambil dari nama satu pulau yang berada di wilayah kerja Lantamal IV yaitu Pulau Marapas yang berada di wilayah Bintan. Kal Marapas merupakan kapal patroli cepat yang dirancang dapat memasuki perairan dangkal dan dapat bergerak cepat,lincah serta mempunyai kecepatan 28 knot, sehingga sangat sesuai dengan karakteristik wilayah perairan Kepri.

Dalam sambutanya Danlantamal IV mengatakan bahwa dengan hadirnya Kal Marapas II-4-65 memperkuat jajaran Satkamla Lantamal IV akan meningkatkan pelaksanaan operasi dan kinerja Lantamal IV dalam rangka mendukung kebijakan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

"Kepada Komandan Kal Marapas dan ABK pengawak kalian patut merasa bangga karena telah terpilih menjadi pengawak Kal Marapas yang merupakan hasil karya putra-putra terbaik bangsa yang telah mempercayakan kalian untuk memelihara dan mengoperasikan sesuai fungsi asasinya. Kapal ini dibeli dari uang rakyat, oleh karena itu saya perintahkan untuk dapat merawat kapal ini dengan sebaik-baiknya," kata Irawan.

"Disamping itu kehadiran Kal Marapas- II-4-65 akan menambah daya gempur WFQR Western Fleet Quick Response 4 dalam memerangi segala bentuk kejahatan dan kegiatan illegal diwilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang," tegasnya.

Pada pesermian tersebut diawali dengan penekanan tombol sirene oleh Danlantamal IV dilanjutkan dengan penyiraman air kembang dan pemecahan kendi serta pemotongan Tumpeng dan selanjutnya diberikan kepada Palaksa Kal Marapas- II-4-65.

Editor: Yudha