Hujan Deras dan Angin Kencang, Pelayaran di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Tertunda
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 07-11-2016 | 12:20 WIB
Pelabuhan-Pinang1.jpg

Cuaca Buruk, KSOP Tanjungpinang Tunda Pelayaran. (Foto: dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Syabandar dan Otoritas Kepelabuhan (KSOP) pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang sempat menunda pelayaran antar pulau disebabkan cuaca buruk, Senin (7/11/2016) pukul 10.45 WIB.

 

Kepala Pos Pelabuhan Sri Bintan Pura Pelabuhan Domestik, Sutoyo mengatakan untuk menjaga keselamatan para penumpang pelayaran kapal pada saat ini ditunda, dikarenakan cuaca yang kurang mendukung sehingga tidak memungkinkan kapal untuk berlayar.

"Karena cuaca kurang mendukung, seperti hujan lebat yang disertai angin kencang yang mengakibatkan jarak pandang kapal tidak memungkinkan untuk berangkat kita tunda," ujar Sutoyo.

Ia menjelaskan pelayaran kapal antar pulau akan pihaknya buka, apabilah cuaca sudah membaik dan jarak pandangnya mencapai 2 Mil. Dengan kata lain lebih kurang apabila jarak pandang antara Pelabuhan SBP Tanjungpinang dan Pulau Penyengat dapat terlihat dengan jelas.

"Kalau dari sini pulau penyengat sudah terlihat maka kita akan buka lagi keberangkatan kapal baik Kapal-kapal yang Ke Batam maupun Kapal-Kapal yang ke antar pulau," katanya.

Menurutnya, pihak KSOP Tanjungpinang maupun KSOP yang terdapat di Kepri sudah menjadi hal biasa jika keberangkatan ditunda akibat cuaca yang kurang mendukung seperti ini. ‎Ia juga sudah berkonfirmasi kepada seluruh pelabuhan yang ada diantar pulau untuk memberhentikan sementara pelayaran antar pulau.

"Kami juga sudah berkordinasi dengan seluruh Kepala pos antar pulau, ‎agar tidak membiayarkan kapal untuk belayar," katanya

Lebih lanjut, ia mengatakan terkait dengan para penumpang yang menunggu di Pelabuhan ini, juga sudah terbiasa apabila cuaca seperti ini dan tidak terlalu mempersalahkan hal seperti ini.

"Karena ini demi keselamatan kita semua, baik pihaknya maupun masyarakat yang menggunakan jasa kita," pungkasnya.

Editor: Yudha