Kelanjutan Mega Proyek di Tanjungpinang Tunggu Kejelasan Anggaran
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 06-11-2016 | 09:00 WIB
HamalisKepala_Bapako_Tanjungpinang.jpg

Kepala Bappeda Kota Tanjungpinang Hamalis (Dok BATAMTODAY.COM) 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tanjungpinang, Hamalis mengatakan untuk tahun anggaran 2017, pihaknya belum menentukan kegiatan yang akan di fokuskan.

 

Mengenai Mega Proyek yang di canangkan oleh Pemko Tanjungpinang, Hamalis juga belum berani berbicara banyak karena masih melihat anggaran yang tersedia.

Mega proyek yang dicanangkan Pemko Tanjungpinang untuk tahun depan ada yakni food court, perbaikan stadion Sulaiman Abdulah dan Masjid Terapung yang akan dibangun di kawasan Tepi Laut Tanjungpinang.

Hamalis mengatakan, ketiga proyek tersebut tetap dumasukkan dalam Kebiajakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), namun belum tentu dapat dikerjakan semuanya.

"Dalam program tetap kita masukkan, karena inikan baru KUA-PAS, sewaktu-waktu bisa berubah. Dan mengenai proyek ini belum kita pilih yang mana yang paling mungkin untuk dibangun, tunggu nantilah," tutur Hamalis saat dihubungi, Sabtu (5/11/2016).

Hamalis mengatakan, semua perencanaan yang ada, patokannya adalah anggaran yang tersedia. Kuncinya adalah pendapatan, jika pendapatan maksimal, maka program akan jalan dengan teratur.

"Yang bingung ketika pendapatan tidak bertambah, bahkan menurun, itu yang sulit, kuncinya pendapatan saja," tutur Hamalis.

Terkait pendapatan, Hamalis mengaku belum dapat memperhitungkan. Info yang terbaru, Dana Alokasi Khusus (DAK) yang didapat oleh Pemko Tanjungpinang pada tahun 2017 nantinya menurun, yaitu sekitar Rp 50 M saja, padahal di APBN P, Tanjungpinang mendapatkan Rp 64 M.

"Itu sulitnya, ya kalau memang tidak bisa di APBN Murni, nanti kita akan usulkan di APBN-P," tutur Hamalis.

Editor: Surya