Lis Pimpin Aksi Tanam Pohon di Jalan Bandara Baru Tanjungpinang
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 06-11-2016 | 08:00 WIB
lis-tanam-pohon1.jpg

Lis Darmansyah saat melakukan penanaman pohon di Jalan Bandara Baru Tanjungpinang (Foto: Habibi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang bersama FKPD, LSM, organisasi wanita, sekolah, dunia usaha, Saka Pramuka, masyarakat, dan organisasi kemahasiswaan melakukan gerakan penghijauan dengan menanam bibit pohon di kawasan Jalan Bandara Baru Tanjungpinang, Sabtu (5/11/2016).

Dalam gerakan penghijauan ini, sebanyak 500 bibit pohon ditanam secara serentak oleh para pihak yang telibat dalam kegiatan tersebut.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi kepedulian dari berbagai elemen masyarakat, LSM serta organisasi untuk mempertahankan keberlangsungan hidup pohon dan ikut peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Karena itu , Lis minta kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Tanjungpinang agar konsisten dalam menangani lingkungan.

"Jangan hanya mengeluarkan rekomendasi saja tanpa ada pengawasan, karena setiap fungsi kebijakan itu harus ada pengawasan, dengan begitu, ketika akan ada pemeriksaan, rekomendasi yang dikeluarkan telah melalui proses dan pengawasan yang benat," tutur Lis.

Lis berharap, kegiatan penanaman pohon ini dapat menjadi sebuah budaya yang dapat di ikuti oleh seluruh element masyarakat, selain itu, manfaatnya bisa dirasakan bersama, khususnya bagi generasi kita kedepan.

Sebelumnya, Kepala BLH Kota Tanjungpinang, Yuswandi menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup serta menambah ruang terbuka hijau sebagai paru-paru kota.
Disamping itu, untuk mengembalikan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan hidup.

"Menjaga pohon berarti mencintai lingkungan, hal itu, tidak saja untuk kehidupan manusia saat ini, namun juga untuk anak cucu kita nanti," tutur Yuswandi.

Penanaman bibit pohon tersebut, diawali oleh Walikota Tanjungpinang Lis Darmasyah, yang kemudian dilakukan secara serentak oleh para peserta yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Editor: Surya