Dongkrak Kunjungan Wisman, Pemko Tanjungpinang Gandeng Citilink
Oleh : Habibi Khasim
Sabtu | 05-11-2016 | 08:50 WIB
revitalisasiPenyengat.JPG

Keingingan Pemko Tanjungpinang meningkatkan kunjungan wisman dilakukan dengan mempercantik Pulau Penyengat dan menggandeng Citilink. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengaku sangat serius untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanjungpinang. Untuk itu, dia mengatakan siap bekerjasama dengan maskapai Citilink yang berencana akan membuka rute penerbangan Tanjungpinang-China.

 

"Ini langkah bagus, tentunya kita siap membantu dan bekerjasama dengan pihak maskapai Citilink untuk pengoperasian rute International Tanjungpinang-China, dengan penerbangan langsung dari Kota Wuhan, Fuzhou dan Xianmen ke Tanjungpinang," ujar Lis saat ditemui usai Rapat Paripurna KUA-PPAS di Kantor DPRD Tanjungpinang, Jumat (4/11/2016).

Lis mengatakan, jika rute tersebut terealisasi, maka akan ada sekitar 500-1000 warga China yang akan berkunjung ke Indonesia setiap bulannya. Untuk itu, tahun 2017 akan ada penambahan sarana pariwisata dan pembenahan Pulau Penyengat, guna memberikan citra baik kepada wisatawan.

"Dengan adanya penerbangan International Tanjungpinang ke Wuhan, Fuzhou dan Xianmen, tentunya akan menghidupkan lagi pariwisata Tanjungpinang maupun Bintan, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat, dan Pemerintah Kota Tajungpinang siap mebantu maskapai Citilink. Apa kendalanya dan perizinannya akan kita bantu fasilitasi," tuturnya.

Dia mengatakan, Bandara RHF Kota Tanjungpinang merupakan bandara International, yang mana statusnya sudah lama, namun untuk izin operasi rute international terkendala oleh status bandara. Untuk itu, Pemeritah daerah Kota Tanjungpinang siap membantu dan bekerjasama baik izin dari Kementerian Perhubungan maupun pemerintah pusat.

Lis juga mengharapkan adanya rute domestik ke Medan, Surabaya dan Padang. Karena, 3 daerah tersebut merupakan rute yang memiliki potensi sangat baik dan keberadaan sangat diharapkan oleh masyarakat dan pemerintah. 3 daerah ini juga merupakan daerah pemasok kebutuhan pokok untuk Tanjungpinang.

"Makanya kita akan menyiapkan surat permohonan agar Kemenhub dan Pemerintah Pusat bisa membantu agar rute itu ada di RHF," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Citilik Hamnoto mengatakan, penerbangan International langsung Wuhan, Fuzhou dan Xianmen Tanjungpinang dan sebaliknya direncanakan mulai beroperasi 17 Desember 2016. Ini merupakan salah satu penambahan rute International Citilink dalam mendukung program percepatan pariwisata Tanjungpinang yang merupakan salah satu Destinasi Prioritas yang ditetapkan pemerintah Kota Tanjungpinang dan Bintan.

"Penerbangan langsung Tanjungpinang - Wuhan, Fuzhou dan Xianmen dan sebaliknya, juga diproyeksikan akan meningkatkan traffic kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing ke Tanjungpinang. Penerbangan langsung ini akan mempermudah para wisatawan asal China, dengan waktu perjalanan yang lebih singkat dan efektif, tanpa harus transit via Jakarta atau Batam," terang Hamnoto.

Citilink nantinya juga akan mengoperasikan 2 unit pesawat penerbangan rute reguler tujuan jakarta dan daerah-daerah lain.

Editor: Dardani