Ini Komitmen Yunan Harjaka, Kajati Kepri yang Baru
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 04-11-2016 | 16:14 WIB
kajatikepribaru.jpg

Inilah Yunan Harjaka, Kajati Kepri yang baru. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri menggantikan Andar Perdana, Yunan Harjaka bertekad akan menjadikan Kepri bebas korupsi. Caranya, dengan upaya pencegahan atau preventif. Yaitu, dengan menggalakan dan mengintensifkan Tim TP4D Kejaksaan Tinggi Kepri.

 

"Kami dilantik dan diambil sumpah sebagai Kepala Kejaksaan di Kepri pada 26 Oktober 2016 lalu, dan sebagai Kajati Kepri, kami akan berusaha menjadikan Kepri bebas korupsi dengan upaya pencegahan atau preventif," ujarnya dalam pisah di Aula Baharudin Lopa Kajati Kepri, Kamis (3/11/2016).

‎Namun demikian, jika ditemukan ada unsur melawan hukum yang menyebabkan kerugian negara, Yunan Harjaka tidak akan ragu melakukan tindakan tegas.

"Kendati mengutamakan preventif, saya juga tidak akan ragu sedikit pun dalam melakukan upaya represif kalau benar terjadi pidana korupsi yang merugikan negara," tegasnya.

Selain melakukan pemberantasan korupsi, pembersihan dan pembinaan prilaku jaksa. Mantan Wakajati DKI Jakarta ini menambahkan, tugas keduanya adalah menggandeng Komisi Kejaksaan dan Jaksa Pengawas. Targetnya adalah sapu bersih Pungli di lingkungan internal Kejaksaan di Kepri.

"Kepada internal kejaksaan mari semua bekerja dengan baik, dan bekerja dengan cara terhormat dan bermartabat, dengan profesional," ujarnya.

Ditanya komitmennya terhadap penanaganan kasus dugaan korupsi yang hingga saat ini masih tertunggak, Yunan Harjaka, mengatakan, akan melakukan konsilidasi dan evaluasi ke dalam terlebih dahulu, untuk melihat dan mempelajari perkara tersebut.

"Saya akan konsilidasi dan melakukan evaluasi terlebih dahulu, dan kalau memungkinkan untuk dilanjutkan, akan dilanjutkan," ujarnya.

Editor: Dardani