Pemasaran Belum Optimal, Tahun Depan Surjadi Latih Peserta KUBE
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 02-11-2016 | 18:26 WIB
Surjadi.gif

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Surjadi (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Peserta Kube Perkotaan, Rabu (2/11/2016) menerima bantuan kelompok usaha bersama dari dana dekosentrasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ada sebanyak 50 Kube yang mendapatkan banan tersebut. Kendati demikian, meskipun bantuan setiap tahun diberikan, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Surjadi mengatakan, pemasaran peserta Kube belum maksimal.

"Hari ini penerimaan bantuan di Tanjungpinang ada 30 kelompok dan Batam 20 kelompok. Mereka mendapatkan bantuan sekitar Rp20 juta perkelompok. Memang kita akui bantuan ini sudah prima dari pemerintah, namun di sisi lain Kubenya belum prima, apalagi untuk pemasaran, belum optimal, makanya tahun depan kita akan adakan pelatihan marketing," ujar Surjadi saat ditemui di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (2/11/2016).

Pelatihan yang dimaksud oleh Surjadi, bagaimana membuat para peserta Kube mengerti tentang sosial media dan berjualan di sosial media. Di mana memang, sosial media merupakan pasar terbesar sekarang ini.

"Sekarang sudah zamannya, dan peserta Kube kita yakin tidak gaptek-gaptek sekali, makanya kita akan menggandeng beberap pakar untuk melatih mereka, termasuk fotograpi," terang Surjadi.

Diakui Surjadi, meskipun bantuan ini telah diberikan setiap tahun, namun usaha masyarakat masih stagnan. Sejak Kube ini digelontorkan ke masyarakat, hingga tahun 2016, persentase keberhasilan masih sekitar 60 persen.

"Ini makanya perlu kiat-kiat khusus, khususnya dari peserta Kube, makanya tahun depan kita akan upayakan guna meningkatkan kesadaran mereka tentang perkembangan zaman dan bagaimana memasarkan produk-produk unggulan mereka," tuturnya.

Editor: Udin