Festival Bahari Kepri Dikunjungi Ribuan Wisatawan dan Yachter
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 31-10-2016 | 17:14 WIB
yachter.gif

Ilustrasi kapal yacht. (Sumber foto: ANTARA)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Beberapa festival seni budaya yang diselenggarakan di Indonesia sudah banyak yang mendunia, seperti Jember Fashion Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Solo Batik Carnaval dan Malang Flower Carnival.

Menyusul kesuksesan festival tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama pemerintah daerah Kepulauan Riau (Kepri), menyelenggarakan Festival Bahari Kepri yang turut memeriahkan ajang Sail Karimata pada tahun ini.

Diselenggarakan di Gedung Daerah, Tanjung Pinang, Kepri, pada Jumat (28/10), Festival Bahari Kepri telah berlangsung dengan meriah.

Sejumlah penampilan tari, musik dan parade baju daerah yang disajikan berhasil memukau sekitar 2.000 wisatawan, terutama wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura, Malaysia, dan Australia, yang merapat dengan kapal yacht untuk menghadiri Sail Karimata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan ucapan selamat atas suksesnya penyelenggaraan festival tersebut.

“Acara seperi harus terus diadakan, dan dipromosikan sejak jauh hari. Saya berharap, tahun depan jadwal acaranya semakin rapi. Ini akan menjadi atraksi yang menarik wisatawan pecinta bahari,” kata Arief.

Ketua Harian Festival Bahari Kepri, Guntur Sakti, menambahkan kalau banyak wisman yang antusias saat tarian daerah Kepri seperti Mak Yong dan Tepak Sirih ditampilkan.

"Gaung festival di Kepri harus terus bergema. Sehingga menjadi acara yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Berada di gugusan depan Indonesia, semoga festival ini juga bisa menunjukkan keberagaman di Tanah Air," ujar Guntur.

Editor: Udin