Gedung Gonggong Jadi Ikon Pariwisata Tanjungpinang
Oleh : Ismail
Minggu | 30-10-2016 | 18:00 WIB
gedung TIC.jpg

Peresmian TIC Gedung Gonggong Jadi Ikon Parewisata Tanjungpinang oleh Walikota Tanjungpinang, Menteri Pariwisata Arif Yahya dan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang- Sempena puncak Festival Bahari Kepri dalam rangka Sail Selat Karimata (SSK) 2016, Menteri Pariwisata RI Arif Yahya ‎meresmikan Gedung Gonggong Tanjungpinang, Sabtu (29/10/2016). Geduang yang terletak di Laman Bounda Tepi Laut itu menjadi Tourism Information Center (ITC) atau Pusat Informasi Pariwisata Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Sebelum peresmian, warna-warni lampu di Gedung Gongong serta puluhan perahu-perahu hias di perairan Tepi Laut memukau ribuan mata yang menyaksikan peresmian ikon baru di Kota Tanjungpinang tersebut.

Peresmian Gedung Gonggong Tanjungpinang ditandai dengan penguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Arif Yahya, disaksikan Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun dan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah.

Selain kemeriahan gemerlapnya cahaya lampu warna-warni kapal hias, sky latern, serta yacth dari berbagai negara, acara itu juga diisi dengan berbagai atraksi hiburan, seni tradisi dan budaya Melayu Kepulauan Riau (Kepri).

Apalagi, ketika Walikota bersama Meteri Pariwisata RI, serta Duta besar negara sahabat ikut berjoget dangkung, suasana menjadi lebih meriah ditambah lagi, mereka menarik turis-turis mancanegara untuk ikut berjoget bersama ke tengah panggung. Tawa serta tepukan gemuruh terdengar dari ribuan orang yang menyaksikan aksi mereka.

Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa Kepulauan Riau memiliki potensi bahari yang bisa dikembangkan sebagai salah satu wisata bahari yang mengagumkan di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah menerima Rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) atas parade mobil hias tepanjang se- Indonesia. Sedangkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun menerima rekor Muri atas parade kapal hias terbanyak.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Senior Manager Muri, Awan Raharjo didampingi Marketing Manager Muri, Andre Purwandono, kepada Walikota dan Gubernur Kepri.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata RI beserta Duta besar negara sahabat meninjau lokasi TIC Gedung gonggong, sekaligus menyaksikan perjalanan sejarah Melayu di Kepulauan Riau, serta pusat-pusat Kerajaan Melayu yang ada di Kota Tanjungpinang.

Wajah kawasan tepi laut kini sudah berubah dengan adanya ikon baru TIC Gedung Gonggong, ribuan orang yang berada di kawasan itu telihat berfoto dan berselfie ria dengan latar belakang keindahan malam dari objek wisata baru berbentuk makanan khas Kota Tanjungpinang.

Peresmian ikon tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs Riono MSi beserta istri Ersa Famella, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni SH, Ketua GOW, Juariah Syahrul, seluruh pejabat Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri, jajaran FKPD Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri, Anggota Dewan se-Provinsi Kepri.

Hadir pula duta besar negara sahabat, para turis, serta ribuan masyarakat yang memadati sepanjang kawasan tepi laut Tanjungpinang.

Editor: Surya