Wapres Jusuf Kalla Batal Hadir

Acara Puncak FBK Dihadiri Menko Maritim dan Menteri Pariwisata
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 27-10-2016 | 09:42 WIB
eco-heroes-pinang1.jpg

Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah serta pejabat lainnya dalam kegiatan gotong royong dan aksi Eco Heroes Sadar Wisata yang mengwali event Festival Bahari Kepri. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Presiden Jusuf Kalla diperkirakan batal menghadiri puncak acara Festival Bahari Kepri (FBK) dalam rangka Sail Selat Karimata 2016 di Tanjungpinang, Sabtu (29/10/2016) lusa.

Dari informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM, puncak acara FBK hanya dihadiri Menteri Koordinator Kemaritiman Jenderal Purnawirawan Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arif Yahya.

Hal itu juga terungkap dalam rapat evaluasi terakhir persiapan acara puncak FBK, yang dipimpin koordinator acara, Buralimar, bersama sejumlah pelaksana teknis kegiatan di ruang utama gedung PKK Provinsi Kepri, Rabu (26/10/2016).

Koordinator FBK, Buralimar, mengatakan, Wakil Presiden Jusuf Kala tidak dapat hadir karena urusan negara yang lebih penting, sehingga acara puncak FBK diwakilkan kepada Menko Maritim Luhut Binsar Panjaiatan dan Menteri Pariwisata Arif Yahya.

"Untuk pelaksanaan persiapan, terus kami matangkan. Demikian juga sejumlah kegiatan, hingga pelaksanaan puncak FBK dalam rangka Sail Selat Karimata ini agar dapat berjalan dengan baik," ujar Buralimar.

Yatcher Luar Negeri Mulai Tiba di Tanjungpinang
Di tempat terpisah, Kepala Dinas Parisiwata Kepri Guntur Sakti mengatakan, selain mulai melakukan sejumlah event dan kegiatan, dalam memeriahkan Festival Bahari Kepri (FBK), sejumlah yatcher dari berbagai negara juga telah tiba dan berada di perairan Tanjungpinang.

Para yatcher tersebut hadir dalam menyaksikan sejumlah rangkaiaan kegiatan FBK Kepri, yang pelaksanaanya mulai dilakukan sejak 20 Okrober 2016 lalu.

"Sejumlah yatcher secara berangsur sudah tiba di perairan Tanjungpinang, Selain melakukan rally, para yatcher juga melakukan kunjungan wisata ke sejumlah tempat di Tanjungpinang," ujarnya.

Sedangkan untuk 100 lebih yatcher yang direncanakan tiba pada puncak acara FBK, akan melakukan rally dari Singapura ke dua entri poin, Nongsa Point Marina dan Pelabuhan BBT Lagoi.

Keseluruhaan yatcher jenis sailing layar dan mesin boat ini diterima dan disambut di Pelabuhan BBT Lagoi dan Nongsa Point Marina sebagai entri poin.

"Salah satu yang luar biasa, Dubes RI untuk Singapura juga menyatakan akan ikut melakukan sailing dari Singapura untuk datang ke Tanjungpinang dengan rute clearance di BBT Lagoi, lalu Ke Tanjungpinang," sebut Guntur.

Sementara sesuai dengan conform reported, yachter yang menyatakan diri akan hadir melalui entri poin Nongsa Point Marina ada 20 yatcher, pelabuhan BBT Lagoi 40 yatcher, dan dari operator Sail Indonesia Wonderfull 2016 sebanyak 30 kapal.

"Hari ini secara berangsur sudah masuk 3 kapal, dan seluruhnya akan berlumpul di Tanjungpinang pada 29-30 Oktober 2016," ujarnya. (*)

Editor: Dardani