Tanjungpinang International Dragon Boat Race

Sebanyak 44 Tim Peserta Dragon Boat Race‎ sudah Tiba di Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 20-10-2016 | 14:14 WIB
dragon-boat-race.gif

Ilustrasi Gragon Boat Race yang akan dihelat di Tanjungpinang (Sumber foto: diverseabilities.org.uk)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 44 tim peserta Dragon Boat Race‎, baik dari dalam dan luar negeri sudah tiba di Tanjungpinang. Besok, Jumat (21/10/2016), mereka akan mulai unjuk kebolehan di laut Sungai Carang pada event Tanjungpinang International Dragon Boat Race (TIDBR) 2016, dalam rangka Sail Selat Karimata (SSK) dan Festival Bahari Kepri (FBK) di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadai Esram, mengatakan, hingga saat ini  event tahunan Tanjungpinang Internasional Drgon Boat Race (TIDBR) sudah siap dilaksanakan. Dan sebanyak 44 tim dari 50 peserta telah hadir dan sampai di Tanjungpinang dalam memeriahkan TIDBR.

"Saat ini sejumlah tim dalam dan luar negeri peserta TIDBR, sudah sampai dan tiba di Tanjungpinang," ujarnya pada wartawan, Kamis (20/10/2016).

Sementara koordinator kegiatan TIDBR, Andika, menambahkan, sebelumnya sebanyak 60 tim sudah menyatakan ikut dalam pertandingan Tanjungpinang International Dragon Boat Race (TIDBR) 2016 ini. Namun karena sesuatu hal dan kendala lain, termasuk pendanaan akibat defisit, sejumlah peserta tim dari luar daerah membatalkan keikut-sertaan mereka.

"Untuk tim dari luar negeri, semuanya sudah hadir dan akan ikut dalam pertandingan babak penyisihan besok. Sedangkan tim lain, seperti Tim Jambi dan Tim Siak dan Indragiri, rencananya sore ini akan sampai," ujarnya.

‎Sesuai dengan tentatif acara, tambah Andika, rencananya pembukaan Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race (TIDBR) 2016 akan dibuka Gubernur Kepri dan Walikota Tanjungpinang, serta dihadiri Deputi kementeriaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Besok, Jumat (21/10/2016), sekitar pukul 09.00 Wib, pembukaan akan dilaksanakan di Sungai Carang oleh Gubernur dan Walikota Tanjungpinang, dan juga akan dihadiri Dirjen atau Deputi dari Kementeriaan Pariwisata," ujarnya.

Mekanisme pertandingan, tambah Andika, hari pertama akan dilakukan babak penyisihan, selanjutnya pertandingan semifinal. Dan pada Minggu (23/10/2016) akan dilakukan pertandingan final.

Saat ini,‎ seluruh peserta sudah melakukan medical check-up, yang dilakukan oleh dokter dan tenaga medis Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang. Selanjutnya, teknikal meeting pelaksanaan pertandingan dan dilanjutkan dengan gala dinner pada sore nanti atau makan malam bersama di Hotel Aston Tanjungpinang.

Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2016, dalam rangka Sail Selat Karimata (SSK) dan Festival Bahari Kepri (FBK) di Tanjungpinang dimeriahkan puluhan tim peserta Daragoan Boat Race dari dalam dan luar negeri, serta dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Event rutin tahunan Tanjungpinang International Dragon Boat Race ini, merupakan agenda Wisata tahunan di kota Tanjungpinang, yang diangkat dari tradisi budaya Thionghoa dalam melaksanakan sembahyang keselamatan laut.

Selain memperebutkan piala bergilir, piala tetap dan piagam, masing-masing juara dalam lomba Dragon Boat Race juga diberi puluhan juta hadiah dan total seluruh hadiah mencapai Rp150 juta.

Editor: Udin