Rapat Akhir Persiapan FBK Kepri 2016

Pelaksanaan FBK dalam Rangka SSK di Kepri Terkendala Dana
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 18-10-2016 | 17:50 WIB
rapat-akhir-Persiapan-FBK.gif

Rapat akhir persiapan FBK dalam rangka Sail Selat Karimata di Kepri (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Panitia dan koordinator Festival Bahari Kepri (FBK) dalam rangka Sail Selat Karimata (SSK) di Provinsi Kepri menyatakan, persiapan pelaksanaan hingga saat ini sudah siap dan matang. Hanya yang menjadi kendala adalah, masalah pendanaan akibat defisit anggaran dan belum disahkanya APBD-P Kepri 2016. 

Hal itu terungkap dalam rapat akhir persiapan FBK dalam rangka SSK di Kepri, yang dihadiri seluruh koordinator pelaksanaan kegiatan dan dipimpin langsung Gubernur Kepri Nurdin Basirun di aula Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Selasa (18/10/2016).  

Rapat akhir persiapan FBK dalam rangka SSK di Kepri ini, juga dihadiri seluruh SKPD di Provinsi Kepri, Kapolda, TNI-AD, AU dan AL, serta lembaga instansi vertikal lainnya, seperti Kementeriaan Hukum dan HAM, Imigrasi, Bea dan Cukai, KSOP, serta instansi lainnya.

Wakil Ketua Ivent FBK Kepri, Guntur Sakti mengatakan, dari laporan yang diterima dari masing-masing koordinator, pelaksanaan FBK Kepri dalam rangka Sail Selat Karimata di Bintan, Batam dan Tanjungpinang, telah matang.

"Semua rangkaian kegiatan dari masing-masing koordinator telah siap dan tinggal melaksanakan di lapangan, demikian juga pelaksanaan Indonesia Wonderfull Sailing, dengan mendatangkan ratusan Yachter, dari Singapura dan negara lain, melalui BBT Lagoi dan Marina Point sebagai Entri Point," sebutnya.

Selain itu, tim pengamanan dan pemberi rekomendasi scuba bagi Yachter yang tiba, juga telah disiapkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, serta kegiatan lainnya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri dan Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang.

Kapolda Kepri Brigren Pol Sam Budigusdian mengatakan, dalam melakukan pengamanan Polri bekerja sama dengan TNI, akan menurunkan 1.000 personil, di sejumlah Polres di Kepri.

"Untuk pengamanan Wakil Presiden, sepenuhnya dilaksanakan oleh TNI sebagai tim pengamanan, sedangkan Polda sebagai wakil yang dikoordinasikan dengan Paspamres," sebutnya.

TNI-Polri, tambah Sam, akan konsen melakukan pengamanan di laut dan darat, khususnya di sejumlah Polres yang wilayahnya masuk dalam pelaksanaan FBK dalam rangka Sail Selat Karimata.

‎Menanggapi hal itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, dari laporan masing-masing koordinator pelaksanaan kegiatan, sejumlah rencana kegiatan hingga saat ini telah dilakukan dengan maksimal dan terkait kekurangan persiapan agar segera dibenahi.

"Dari hasil laporan masing-masing koordinator dan kepanitiaan FBK dalam rangka SSK di Kepri ini, kami akan turun ke lapangan untuk melihat dan meninjau progress persiapan yang sudah dilakukan," ujar Urdin.

Terkait dengan keluhan sejumlah panitia atas mminim dan kurangnya pendanaan sejumlah kegiatan, Nurdin menyatakan agar disikapi dengan melaksanakannya sesuai dengan keuangan yang ada.

Sebagaimana diketahui, rangkaiaan kegiatan FBK Kepri dalam rangka Sail Selat Karimata yang telah dibuka Presiden beberapa waktu lalu, di Tanjungpinang, Provinsi Kepri, akan diawalai dengan kegiatan Ecoherois, Gotong royong Pembersihan Pantai, Tablig Akbar, Dragon Boat Race, wonderful Indonesia Sailing, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Kegiatan, FBK sendiri diawali dengan gerakan Ecoherois gotong royong membersihkan laut dan perairan oleh 1.500 peserta Ecoherois, pada 20 Oktober 2016 lusa.  Acara puncak yang akan dihadiri Wakil Presiden, dipusatkan di depan Gedung Daerah dan Taman Laman Bunda dan Gedung ITC Gonggong Kota Tanjungpinang.

Editor: Udin