Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2016 Dimeriahkan Tim Luar Negeri
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 17-10-2016 | 17:38 WIB
dragon-boat-rece.gif

Ilustrasi dragon boat (Sumber foto: piterest.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - ‎Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2016, dalam rangka Sail Selat Karimata (SSK) dan Festival Bahari Kepri (FBK) di Tanjungpinang Provinsi Kepri, akan dimeriahkan puluhan tim peserta dragoan boat race dari luar negeri, sejumlah daerah dan provinsi lain serta puluhan tim dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2016, dalam rangka SSK dan FBK Kepri, akan dilaksanakan di Perairan Sungai Carang Hulu Riau, Jembatan Engku Putri Tanjungpinang pada Jumat hingga Minggu (21-23 Juni 2016).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Jurmadai Esram mengatakan, event rutin tahunan Tanjungpinang International Dragon Boat Race ini, merupakan agenda wisata tahunan di Kota Tanjungpinang, yang diangkat dari tradisi budaya Thionghoa dalam melaksanakan sembahyang keselamatan laut.

"Tanjungpinang yang kaya dengan budaya, menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan manca negara, dalam mengetahui sejarah dan kebudayaan Melayu Islam serta sejumlah budaya lainnya," ujarnya di Tanjungpinang.

Selain pengunjung dapat memperkaya khasanah budaya dan religi melalui budaya Melayu pada Kerajaan Riau Lingga, Tanjungpinang juga menyajikan sejumlah kawasan wisata budaya dan sejarah yang lokasi dan tempatnya banyak dikunjungi masyarakat luar.

"Untuk pelaksanaan dragon boat race, higga saat ini telah mendaftar 6 tim dari luar negeri yang menurunkan tim-nya di perlombaan drago boat race," ujarnya.

Selain dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Brunai Darusalam, juga terdapat belasan tim dragon boat race dari daerah di luar Provinsi Kepri. Serta puluhan tim dragon boat race dari kabupaten/ kota di Kepri, serta dari peserta tim swasta lainnya.

"Selain memperebutkan piala bergilir, piala tetap dan piagam, masing-masing juara dalam lomba dragon boat race ini juga diberi puluhan juta hadiah, dan total seluruh hadiah mencapai Rp150 juta," ujarnya.

Untuk pendaftaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, hingga saat ini masih membuka pendaftaran di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang.

Editor: Udin