HUT 15 Otonomi Tanjungpinang

Walikota Lis Ajak Masyarakat Wujudkan Tanjungpinang Gemilang
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 17-10-2016 | 16:50 WIB
hutpinang15.jpg

Walikota Lis Darmansyah saat merayakan HUT ke-15 Tanjungpinang. (Foto: Habibi Khasim) 

 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Otonom Tanjungpinang ke-15 dengan melakukan upacara di kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (17/10/2016).

 

HUT Kota Otonom tahun ini bertema, "Berfikir Cerdas Bekerja Ikhlas Menuju Tanjungpinang Gemilang". Melalui tema tersebut, Lis mengajak seluruh lapisan masyarakat Tanjungpinang untuk sama-sama mewujudkan Tanjungpinang menjadi kota yang gemilang.

Menurut Lis, tema tersebut memaknai bahwa setiap penyelenggaraan pemerintahan, aparatur daerah memegang teguh dan berkomitmen dengan semangat kebersamaan dan gotong-royong untuk menghasilkan karya dan prestasi dalam mewujudkan Tanjungpinang yang sejahtera.

Wali Kota Tanjungpinang mengatakan, untuk mencapai tujuan itu, Pemerintah Kota (pemko) Tanjungpinang berupaya melakukan pembenahan diberbagai sektor, yaitu peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan formal dan non-formal, akses kesehatan, kesejahteraan melalui produktivitas tenaga kerja, meningkatkan UMKM dan mengembangkan jejaring kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak.

"Agar menunjukkan hasil yang menggembirakan, maka strategi dan kebijakan pembangunan yang ditetapkan, harus didukung oleh seluruh elemen pelaku pembangunan di Kota ini, baik pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha," tutur Lis dalam sambutannya.

Untuk saat ini, kata Lis, beberapa capaian peningkatan kinerja yang telah diraih dalam kurun waktu 4 tahun pelaksanaan RPJMD Kota Tanjungpinang adalah peningkatan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, yaitu pembangunan puskesmas batu 10 dengan fasilitas UGD dan rawat inap, pembenahan gedung IGD RSUD.

Peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan dengan meningkatkan perluasan dan pemerataan akses pendidikan, yaitu membangun dan merehabilitasi ruang kelas belajar terutama pada jenjang pendidikan dasar.

"Tahun 2015, pemko telah memulai pembangunan tahap 1 unit sekolah baru SMA di Sei Carang dan 1 unit SMK du Madong, tahun 2016 sedang dibangun 1 unit sekolah baru SMP di Kelurahan Pinang Kencana," terang Lis.

Selain itu, dibidang prestasi juga Tanjungpinang termasuk cemerlang. Pemko Tanjungpinang memperoleh predikat penilaian BB (baik) untuk Akuntabilitas Kinerja, Tanjungpinang merupakan nomor 1 terbaik di wilayah Sumatera. Predikat WTP atas Laporan Keuangan Daerah juga berhasil diraih pemko Tanjungpinang.

Selain itu, peningkatkan pelayanan publik yaitu dibentuknya pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), pembangunan 4 kantor Kelurahan dan 2 kantor Kecamatan atas peningkatan pelayanan tersebut Pemko dianugrahi Piagam Inovasi Administrasi Negara, sedangkan Kelurahan batu 9 berhasil mewakili Provinsi Kepri dalam pemilihan Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional.

Bersamaan dengan hari jadi ini, Kota Tanjungpinang diberi kepercayaan oleh Pemerintah Pusat untuk menjadi tempat penutupan Sail Karimata. Pemprov Kepri bersama pemko pada 20 s.d 30 Oktober mendatang akan melaksanakan Festival Bahari Kepri.

"Sebagai tuan rumah, mari sama-sama kita sukseskan rangkaian agenda tersebut untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya di kota ini," ujar Lis.

Diakhir sambutannya, Lis pun mengajak seluruh ASN dan masyarakat saling bahu-membahu memberikan kontribusi untuk kemajuan Kota Tanjungpinang Kampung kita tercinta.

Usai pelaksanaan upacara, Pemko Tanjungpinang memberikan apresiasi kepada para atlet, guru, dan aparatur pemerintahan yang telah mengharumkan nama Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan dengan rapat Paripurna istimewa HUT Otonom ke 15 di Kantor DPRD Tanjungpinang.

Editor: Dardani