Hari Cuci Tangan Sedunia

Lis Darmansyah Dukung Budaya Bersih pada Anak Usia Dini
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 16-10-2016 | 09:30 WIB
Lis-cuci-tangan1.jpg

Walikota Lis Dasmansyah berbaur dengan siswa-siswi SD, TK dan PAUD dalam kegiatan menanamkan budaya cuci tangan yang digelar Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang di SDN 004 Senggarang, Sabtu (15/10/2016), sempena Hari Cuci Tangan Sedunia. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang Lis Dasmansyah mendukung upaya Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menanamkan budaya cuci tangan dan kebersihan diri pada siswa sekolah dasar, TK dan PAUD.

Dukungan pebuh dari Lis terlihat dari kehadirannya dalam kegiatan cuci tangan dan budayakan kebersihan diri ini, dilakukan Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan di Sekolah Negeri 004 Senggarang, Kota Tanjungpinang, Sabtu (15/10/2016), sempena Hari Cuci Tangan Sedunia.

"Gelaran cuci tangan ini merupakan kampanye yang dicanangkan oleh PBB dalam mengurangi angka kematian anak akibat diare di dunia. Kami berharap, cuci tangan dijadikan budaya masyarakat dan generasi muda yang diawali dari pendidikan sekolah," ujar Weni, Ketua PKK Kota Tanjungpinang, saat memberikan sambutan.

Dikatakan Weni, dengan cuci tangan usai atau sebelum melakukan aktifitas bisa menghindari berbagai penyakit maupun penyakit menular.

Sedangkan Walikota Tanjungpinang, dalam sambutannya memberikan perhatian dengan mengajak siswa dan siswi untuk dapat membiasakan diri cuci tangan dengan perilaku budaya bersih yang dimulai sejak dini.

"Untuk mengubah perilaku dini anak-anak, mengikuti apa yang kita instruksikan dan juga salah satu fungsi sekolah sebagai tempat mendidik generasi, dengan mengajarkan kebiasaan mencuci tangan, karena tangan salah satu sumber masuk bakteri ke tubuh," tutur Lis.

Cuci tangan pakai sabun, sambungnya, merupakan perilaku sehat yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit-penyakit menular, seperti diare, ISPA, flu burung serta bermacam-macam penyakit kulit.

"Oleh karenanya penting bagi kita untuk menyampaikan pesan cuci tangan pakai sabun ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut lebih luas," tegasnya.

Di akhir sambutannya, Walikota Kota Tanjungpinang memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang yang telah bersusah payah melaksanakan kegiatan tersebut. Lis juga mengharapkan peran serta dari semua kalangan untuk besama-sama mensukseskan "Program Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia", baik di sekolah-sekolah maupun di tengah masyarkat Tanjungpinang.

Editor: Surya