Tidak Miliki Keluarga, Jenazah Bule Amerika Dikremasi di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 15-10-2016 | 12:15 WIB
BuleMeninggal1.jpg

Bule asal Amerika Meninggal di Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seorang wisatawan asal Amerika Serikat, Victore Julius JR (59), yang meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Midiyato S Tanjungpinang, ternyata tidak memiliki keluarga. Pihak Kedubes Amerika di Jakarta pun telah mengkonfirmasi agar jenazah Victore dikremasi di Tanjungpinang.

"‎Konfirmasi kedutaan menyatakan untuk dikremasi di sini saja. Karena pihak kedutaan telah mencari keluarganya di sana ternyata tidak menemukan keluarganya," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas IA Tanjungpinang, Iyung Gunawan Kusuma Brata, saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (15/10/2016).

Menurutnya, biasanya kalau WNA yang meninggal di Indonesia, maka pihak kedutaan biasanya mencari keluarganya yang berada di negara asalnya, sehingga pihak keluarga datang ke Indonesia untuk menjemput jenazahnya. Tetapi wisatawan yang meninggal di Tanjungpinang ini tidak memiliki keluarga di negara Asalnya sehingga pihak kedutaan.

Lebih lanjut Iyung menjelaskan, jika dilihat dari pasportnya, wisatawan yang meninggal ini sering mengujungi Tanjungpinang, paling lama ia di sini satu minggu saja, setelah itu balik lagi ke Amerika. "Dia memang sering mengunjungi Tanjunpinang," katanya.

Sementara itu, setelah jenazah ini di kremsi maka debu dari jenazah akan dikubur di Kota Tanjungpinang. Setelah itu pihak imigrasi akan mengirim dokumen-dokumen wisatawan ini ke pihak kedutaan.

Wisatawan asal Amerika Serikat, Victore Julius JR (59), meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Midiyato S Tanjungpinang. Meski sempat mendapat perawatan medis, namun nyawa Victore tak tertolong dan menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 09.30, Kamis (14/10/2016).

Kasubag Humas Polres Tanjungpinang AKP Zalukhu membenarkan, Victore Julius JR (laki-laki) asal Amerika Serikat meninggal dikarenakan sakit yang dideritanya. Awalnya, wisatawan asal USA ini menginap di hotel Karas Tanjungpinang kamar nomor 102.

Setelah mengalami sakit, Victore meminta bantuan kepada pihak penjagaan hotel untuk megantarkannya ke rumah sakit. Ia pun diantar penjaga hotel ke RSAL Tanjungpinang.

Sesampainya di RSAL Tanjungpinang, Victore dilakukan pemeriksaan dan dilakukan pertolongan oleh tim medis. Namun nyawanya tidak dapat tertolong.‎

Editor: Yudha