Anggota Tim WFQR-4 Wajib Jago Tembak
Oleh : Harjo
Kamis | 13-10-2016 | 15:50 WIB
latihannembak.jpg

Para anggota Tim WFQR-4 saat melakukan latihan menembak. (Foto: Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI, S Irawan, meninjau langsung latihan rutin menembak senjata laras panjang dan pistol oleh Western Fleet Quick Response (WFQR)-4 Lantamal IV, berlangsung di lapangan tembak Mako Lantamal IV di Batu Hitam Tanjungpinang, Kamis (13/10/2016).

 

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal IV mengingatkan, bahwa latihan menembak bagi Tim WFQR wajib. Karena tugas WFQR berbanding lurus dengan resiko, yang setiap saat berhadapan dengan segala bentuk kejahatan baik di laut maupun di darat. Sehingga, dituntut cekatan dan akurat dalam menggunakan berbagai senjata.

“Dengan tuntutan tugas WFQR tersebut, menembak senjata laras panjang atau pun pistol harus benar-benar minimal berkwalifikasi ulung," lanjut Danlantamal IV itu lagi.

Tentunya, penggunaan senjata dalam operasi pemberantasan kejahatan dilaut adalah pilihan terakhir sebab manakala sudah mengancam diri, boleh dilakukan pelumpuhan sesuai SOP," terang mantan Komandan Komando Pasukan Katak Koarmabar.

“Laksanakan latihan dengan serius dan beri penilaian dan evaluasi, bila anggota WFQR penilaian menembak masih kurang silahkan berlatih terus," tambahnya.

Dijelaskan, anggota tim WFQR harus mengikuti petunjuk teknis dari pelatih dan selalu menjaga keamanan individu. Terapkan disiplin lapangan tembak semuanya atas perintah. Selanjutnya, Danlantamal memberikan ilustrasi bahwa peluru yang kita gunakan ini sebutir pelurupun akan kita pertanggungjawabkan penggunaanya jadi jangan main-main tegas orang nomor satu diLantamal IV tersebut.

Editor: Dardani