TV dan Radio Diminta Sajikan Konten Siaran Yang Membangun‎
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 12-10-2016 | 10:16 WIB
KPID1.jpg

acara Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepri 2016 di Hotel CK Tanjungpinang. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, H TS Arif Fadillah mengajak para pengelola radio dan televisi untuk menyajikan tayangan dan siaran yang membangun serta bersifat positif bagi masyarakat.

"Janganlah mengembangkan acara TV yang tidak baik bagi generasi muda. Seperti acara perselingkuhan, perkelahian, kekerasan yang akan menimbulkan rasa takut kepada anak-anak dan sejenisnya," kata Arif saat acara Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepri 2016 di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (11/10/2016).

Sebagaimana visi KPID Provinsi Kepri adalah memperkuat penyiaran di wilayah perbatasan untuk memperkokoh integrasi nasional dan meningkatkan peran serta fungsi KPID dalam penataan penyiaran di Provinsi Kepulauan Riau.

Adapun tugas dan kewajiban KPID adalah menjamin masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar sesuai dengan hak asasi manusia. Ikut membantu pengaturan infrastruktur bidang penyiaran, ikut membangun iklim persaingan yang sehat antar lembaga penyiaran dan industri terkait. Memelihara tatanan informasi nasional yang adil dan menyusun perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang menjamin profesionalitas di bidang penyiaran.

Arif Fadillah mengajak para pengelola TV untuk menyiarkan tayangan yang membangun serta bersifat positif. Dan untuk TV dan radio yang ada agar memempertahankan acara yang memang sudah baik selama ini, agar masyarakat selalu mendapatkan tontonan yang baik.

"Jika KPI menegur salah satu acara televi itu karena KPI menampung aspirasi masyarakat, bukan menampung aspirasi pemerintah, karena KPI adalah mewakili peran masyarakat bukan peran pemerintah," jelas Arif lagi.

Arif pun mengucapkan selamat kepada KPID Kepri yang telah mengadakan Anugerah KPID 2016, serta mengucapkan selamat kepada para pemenang.

"Semoga tahun depan semakin kreatif lagi dalam memberikan tayangan kepada masyarakat," ujarnya.

Adapun tiga pemenang penghargaan KPID Kepri 2016 masing-masing diberikan kepada Lembaga Penyiaran Televisi yaitu kategori peduli pendidikan anak terbaik, Trans TV Batam, kategori Peduli perbatasan terbaik untuk Batam TV, dan TV Kepri mendapatkan penghargaan kategori Peduli Budaya.

Sedangkan pemenang penghargaan KPID Kepri 2016 diberikan kepada Lembaga Penyiaran Radio yaitu kategori peduli pendidikan anak terbaik Radio Batam FM, kategori peduli perbatasan terbaik RRI Batam, dan kategori budaya terbaik kepada RRI Tanjungpinang.

Hadir dalam acara ini  Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, ketua KPI Pusat di wakili Sujarwanto Rahmat Arifin, Ketua KPID Kepri Azwardi, Sekretaris Komisi 1 DPRD Kepri Sarafuddin Aluan.

Editor: Yudha