Selanjutnya, Tergantung "Manuver" Cawagub
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 11-10-2016 | 11:15 WIB
Mustofa-Isdiantocawagub.jpg

Mantan Kepala BP Batam Mustofa Widjaya dan Kepala Dispenda Kepri Isdianto. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah lima Parpol pengusung mengusulkan dua nama. Yaitu, Isdianto dan Mustafa Widjaya, sebagai calon yang akan diusung dan diajukan ke DPRD sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepri. Selanjutnya, tergantung dari masing-masing Cawagub Kepri untuk melakukan "manuver" dan konsolidasi politik denga Parpol lain.

 

Demikian ungkap anggota DPRD Kepri dari Partai Demokrat Hotman Hutapea kepada BATAMTODAY.COM, Selasa,(10/10/2016).

"Tugas kami untuk mengusung sudah selesai, dan saatnya tugas masing-masing calon yang akan diusulkan, melakukan Konsilidasi Poltik dengan Anggota DPRD dari partai lain di Dewan," ujarnya.

Terkait persentase Kursi di DPRD, antara 4 Partati Pengusung‎ yang hanya memiliki 18 kursi, kurang satu. Karena salah seorang kader Demokrat sedang bermasalah hukum dan belum di-PAW. Hotman menyarankan, calon yang namanya mengemuka untuk diusung, agar melakukan konsilidasi politik dengan sejumlah anggota DPRD Kepri.

Baca: Mustafa Widjaya dan Istianto Calon Wagub Kepri

Karena, menurut Hotman, walaupun 18 kursi kurang satu, bulat memilih calon yang diusung Parpol pengusung, jumlah kursinya di DPRD juga tetap kalah dengan jumlah kursi gabungan Partai PDI-P, Golkar, PKS, dan Hanura.

"Konsilidasi politik di DPRD, dalam pemilihan calon Wagub Kepri ini harus tetap dilakukan dengan Partai lain. Karena tidak mungkin dengan hanya 18 kursi Wagub Kepri akan terpilih, dan disini peran dari masing-masing calon yang diusung nantinya," jelas Hotman.

Di tempat terpisah, Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, saat dikonfirmasi mengenai nama, calon wakil gubernur yang diusulkan 5 partai pengusung dirinya, mengaku hingga saat ini belum, mengusulkan satu nama-pun pada dirinya. Termasuk Demokrat dan parpol lainya.

"Sampai saat ini belum ada nama yang diusulkan, masih menunggu dari Partai lain," ujar Nurdin.

Nurdin juga mengakui, pihaknya di Partai Nasdem juga sedang menung‎gu, usulan dari Partai Demokrat atas dua nama yang akan diusulkan. Demikian juga dengan usulan nama calon dari partai lainya.

Editor: Dardani