Ini Pesan Gubernur pada Sekda Kepri Arif Fadilllah
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 10-10-2016 | 16:05 WIB
pelantikansekda.jpg

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat melantik Sekda Kepri TS.Arif Fadilllah. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengatakan, pelantikan Sekda Kepri, TS.Arif Fadillah, merupakan hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madiya (JPTM) yang dilakukan Tim Pansel. Dan bukan merupakan pejabat dari hasil kemaunya sebagai Gubernur Kepri.

Untuk itu, Nurdin Basirun mengharapakan, Sekda harus merupakan sosok pejabat struktural yang profesional dengan tetap memperhatikan norma kepegawiaan yang berlaku, kinerjanya yang kompeten dan memiliki integritas.

"Jabatan Sekda menjadi jabatan esensial, karena menjadi sentral administrasi penyelenggaraan roda pemerintahan di daerah. Dan maju mundurnya kegiatan pemerintah ditentukan oleh Sekda dalam mengendalikan, mengelola dan memberdayakan perangkat organisasi, dengan tujuaan agar seluruh SKPD dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya," ujarnya.

Dengan pelantikan Sekda ini, hendaknya Sekda memiliki dan mengembangkan model kepemimpinan yang handal di Provinsi Kepri. Serta dapat mengelola internal dan eksternal administrasi pemerintahan dan mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan Kepri dengan mensinergikan rencana strategis dan sumber daya yang tersedia di Kepri.

Pelayanan publik, lanjut Nurdin, harus jadi salah satu bagian mendasar dalam reformasi birokrasi, pengelolaan pemerintah dengan perluasan peran publik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

Saya berharap dalam melaksanakan tugas, diharapkan pada pemberiaan pelayanan publik yang lebih baik, meningkatkan efesiensi dan efektif dalam pengelolaan anggaran dan pengambilan keputusan,"ujarnya.

Selain itu, Nurdin juga mengharapakan, Sekda dapat memberikan respon yang positif atas kritik dan masukan masyaraakat dalam pelaksanaan pembangunan. Juga, mampu memberikan pelayanan publik yang profesional, efektif, effisien, sederhana, transparan dan tepat waktu.

"Penataan dan perbaikan berbagai aspek pembangunan yang berlandaskan visi dan misi Provinsi Kepri juga harus terus ditingkatakan. Lakukan soliditas di internal pemerintahaan dan jalin koordinasi dengan instansi pertikal khususnya pemerintah pusat," sebutnya.

Nurdin juga mengakui, banyaknya persoalan masyarakat yang terakumulasi dari kondisi politik dan ekonomi global dan nasional yang mempengaruhi kondisi kehidupan masyarakat. Namun demikian, pemerintah harus tetap optimis dalam melaksanakan pembangunan.

Editor: Dardani