Lis Apresiasi KTQ, Gebrakan Baru Bumikan Al Quran
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 09-10-2016 | 17:38 WIB
lis-pinang1.jpg

WaliKota Tanjungpinang Lis Darmansyah di TPA Jamaatul Mutaallimin Al Ghofuur (Foto: Habibi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - WaliKota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengapresiasi gebrakan baru yang ditaja oleh TPA Jamaatul Mutaallimin AlGhofuur dalam membumikan Al Quran.

Untuk pertama kalinya, TPA tersebut menggelar Konser Tilawatil Quran (KTQ) di Lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang, Sabtu (8/10/2016) malam.

Acara itu, dibuka secara resmi oleh Lis Darmansyah, yang ditandai dengan pemukulan gendang marawis. Lis Darmansyah, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara atas terlaksananya acara ini.

"Saya sangat apresiasi acara ini. Hal ini membuktikan panitia mampu menjawab tantangan saat ini, bahwa membumikan Al Quran bukan saja melalui Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ). Tetapi bisa diberikan kreasi agar mendorong anak muda lebih memahami isi kandungan Al Quran," ungkap Lis.

"Inilah, memang memulai sesuatu yang baru itu sulit. Tetapi dengan keseriusan, saya yakin tahun depan pasti akan diikuti oleh peserta yang lebih banyak," tambahnya.

Lis menambahkan, hal tersebutlah yang ingin dilakukan terhadap generasi muda Tanjungpinang, sehingga mereka tidak hanya bisa membaca Al Quran, akan tetapi bisa memahami dan mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Insya Allah, ke depan pemerintah akan membuat suatu program bagi anak-anak yang akan mengikuti ujian mid semester, mereka akan melewati ujian membaca Al Quran," ujar Lis.

Untuk itu, Lis mengajak masyarakat, orang tua, serta pemuda, untuk bersama-sama berkomitmen, agar generasi muda dan anak-anak dapat memahami isi kandungan Al Quran.

"Mari kita tanamkan nilai-nilai Al Quran kepada mereka, sehingga ke depan akan lahir generasi yang qurani," ujar Lis.

Muhammad Yazid, Ketua Panitia Pelaksana, mengatakan, tujuan dilaksanakan acara ini adalah untuk meningkatkan keyakinan agama, khususnya bagi generasi muda untuk menjadikan Islam sebagai amalan dalam kehidupan.

Selain itu, untuk mendorong eksistensi Qori dan Qoriah dalam syiar dan dakwah, sehingga Al Quran dapat teguh dihati dan dijadikan amalan dalam kehidupan sehari-hari.

"KTQ yang dikemas dengan konsep seni visual, audio theather serta karya seni yang dipadukan dengan Al Quran, bertujuan untuk menggugah hati serta minat masyarakat, terutama generasi muda agar membaca Al Quran dan memahami isi kandungan Al-Quran," ujar Yazid.

Editor: Surya