Mahasiswa Kesurupan, Kampus Poltekes Kemenkes Tanjungpinang Heboh
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Sabtu | 08-10-2016 | 13:51 WIB
Kesurupan.gif

Salah satu mahasiswi yang mengalami kesurupan berangsur pulih setelah diobati orang tua dan diajak ngobrol oleh temannya (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kampus Politeknik Kesehatan Tanjungpinang ‎dihebohkan dengan kejadian kesurupan yang dialami oleh beberapa mahasiswi kampus yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim, nomor 1 Kota Tanjungpinang, Sabtu (8/10/2016) Siang.

Dari pantauan di lapangan, terlihat beberapa mahasiswi berteriak histeris dan adapula yang berkelakuan seperti penari, yang menari-nari di lingkungan kampus tersebut. ‎Terlihat ada 5 orang mahasiswi yang mengalami kesurupan, yang seluruhnya tinggal di asrama kampus ini.

Direktur Utama Poltekes Kemenkes Tanjungpinang, Novian Aldo, mengatakan, kejadian kesurupan ini suatu hal yang tidak baru, pasalnya setiap penerimaan masiswa baru di kampus ini selalu terjadi kesurupan seperti ini.

"Ya, seperti ini setiap tahunnya kalau penerimaan mahasiswa baru pasti ada saja yang kesurupan," ujar Novian saat ditemui di Kampus Poltekes kesehatan Tanjungpinang, Sabtu (8/10/2016).

Novian menjelaskan, kejadian ini terjadi tidak akan kembali lagi kepada masing-masing  mahasiswa dan mahasiswi  yang berada di kampus i‎ni dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah secara sembarangan. Pada intinya hidup bersih maka dapat terhindar dari hal seperti ini.

"Mungkin yang kesurupan ini beberapa hari lalu ada yang membuang pembalut sembarangan di lingkungan sekita kampus ini, sehingga penghuni atau setan yang ada di kampus ini marah," katanya.

Selain hidup bersih menurut Novian, kebanyakan yang kuliah di kampus ini merupakan anak yang berasal dari pulau-pulau, sehingga membawa jimat-jimat atau penangkal-penangkal lainya.

"Ada beberapa anak-anak yang membawa jimat-jimat atau penangkal-penangkal lainya, itu salah satu penyebabnya," ungkapnya.

Menurutnya, kesurupan ini telah terjadi dari hari Jumat kemarin dan yang mengalami kesurupan pun orangnya itu saja, tidak ada yang lain‎. Untuk mengobatinya, pihaknya memanggil orang tua yang bisa mengobati dan ada juga dari Mahasiswa yang mengobatinya.

"Seperti tadi, mahasiswi yang kesurupan dengan bertingkah seperti penari, itu diajak ngobrol saja sama temannya lama kelamaan sadar," pungkasnya.

Editor: Udin