Bintan dan Tanjungpinang Diguyur Hujan Hingga Sore
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 07-10-2016 | 12:32 WIB
Hujan1.jpg

Ilustrasi Hujan (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimataologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, memprediksi hujan dengan intensitas sedang dan lebat di wilayah Bintan dan Tanjungpinang hari ini akan berlangsung hingga sore.

"Dukungan pemanasan yang kuat dan terjadinya tekanan rendah diwilayah Barat Sumatera, menjadi sumber pembentukan masa udara yang terdorong ke wilayah provinsi Kepri dalam membentuk awan dan hujan disejumlah wilayah di Kepri," ujar Prakirawan BMKG Tanjungpinang Bhakti Wirakusuma, Jumat (7/10/2016).

Ia mengatakan, di Tanjungpinang dan Bintan telah terjadi hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir di wilayah Tanjung Uban, Teluk Sasa dan sekitarnya serta di wilayah Tanjungpinang.

"Kondisi ini diperkirakan akan bertahan dan meluas ke wilayah Senggarang, Pulau Penyengat, Dompak, Kijang, Toapaya, Gesek, Kangboy, Lome dan sekitarnya, hingga sore hari," ungkapnya.

Sedangkan angin berhembus dari Selatan ke daerah Barat provinsi Kepri dengan kecepatan 05 - 30 kilometer per Jam, dan kelembapan suhu antara 24 sampai dengan 31 drajat Celciu dan kelembapan Udara 68 - 98 persen.

‎Tinggia Gelombang di perairan Tanjungpinang, Batam, Bintan dan Lingga antara 0.2 sampai 1.5 meter, sedangkan di perairan Anambas dan Natuna, ketinggian Gelombang berkisar anatara 0.5 sampai dengan 1.5 meter. Satelit Terra Aqua, juga mendeteksi 17 titik Hotspot api diwilayah Sumatera.

‎"Waspada terhadap awan CB (Cumulonimbus) yg dapat menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta ketinggian gelombang sesaat," ujarnya.

Editor: Yudha