Promosikan Seluruh Destinasi Wisata Berbasis Digital

Kemenpar dan Dispar Kepri Sosialisasikan Kepri Go Digital di Batam
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 04-10-2016 | 17:14 WIB
logo-go-digital.gif

Lambang promosi digital Pariwisata Kepri di KEPRI GO DIGITAL (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Promosikan seluruh destinasi dan tempat wisata di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Kepri dengan basis digital, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata menggelar sosialisasi dan implementasi Go Digital Pariwisata Daerah bersama stakeholder dan pelaku industri pariwisata di Kepulauan Riau.

Sosialisasi destinasi wisata di Kepri dan seluruh Indonesia melalui media digital "Kepri Go Digital" itu, dilaksanakan di Ballroom Lantai IV, Hotel Pacifik Batam, Selasa (4/10/2016) pagi hingga selesai.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan, Sebagaimana amanah Presiden RI, Joko Widodo,  pertumbuhan ekonomi dunia dan Indonesia saat ini sedang turun, yang bisa mendongkrak dan memberikan devisa dalam waktu singkat adalah sektor pariwisata.

Atas dasar itu, Menteri Pariwisata dan Usaha Kecil Menengah, menggagas percepatan pembangunan pariwisata RI dengan konsep "Go Digital".

Promosi Go Digital Destinasi Wisata Indonesia ini, menjadi gerbong pariwisata RI menuju target 20 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada 2019 mendatang.

"Hal ini, menjadi ‎lompatan terobosan terbaru dalam pengembangankan pariwisata Indonesia yang lebih baik, sebagaimana yang dikatakan Menteri Pariwisata RI, Bapak Arief Yahya bahwa kita akan memasarkan pariwisata Indonesia melalui ICT. Karena pemasaran digital itu lebih murah, mudah, dan world wide," ujar Guntur.

Dengan program Go Digital itu, akan menjadi momentum dalam mempromosikan seluruh destinasi wisata daerah, khususnya Kepri dengan basis digital.

"Kepri harus menjadi pemain di era digital dan sudah harus masuk ke era persaingan,  makanya kita juga harus hijrah ke digital," ujarnya.

Dalam dunia pariwisata, Kepri menjadi salah satu destinasi andalan nasional dan masih banyak potensi dan produk pariwisata Kepri yang  belum diketahui orang lain.

"Maka dengan sosialisasi "Kepri Go Digital" ini, Kita ingin meng online-kan seluruh kawasan dan destinasi wisata yang ada di Kepri. Sehingga semua orang di dunia tahu, sejumlah keunggulan dan sejumlah destinasi ‎wisata Kepri, yang sangat exotis dan menarik di Provinsi Kepri," ujar Guntur.

Dengan sosialisasi dan promosi Kepri Go Digital ini, Pemerintah Provinsi Kepri juga berharap, promosi berbasis digital kawasan wisata di Kepri, dilakukan dengan lebih masif dan di-endorse oleh semua kalangan.

Layananan promosi destinasi wisata bertaraf internasional ini, kata Guntur, disiapkan oleh Kementeriaan Pariwisata melalui platform promosi pariwisata digital.

"Kami harapkan, ‎seluruh Pemerintah Daerah tingkat II Kabupaten/ Kota di Kepri, serta kalangan industri pariwisata, management market hotel, pengelola lapangan golf, travel agent, komunita media, blogger, toko oleh-oleh dan suvenir,  pengelola Mall dan potensial enderser lainya, akan dapat membuka lapak market place digitalnya di platform Go Digital yang disediakan Kementeriaan Pariwisata-RI," sebutnya.

Editor: Udin