Opini LHP-APBD Masih Disclemer

Gubenur Diminta Melakukan Pembinaan Laporan Keuangan Natuna dan Lingga
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 04-10-2016 | 12:03 WIB
bpk-ri3.jpg

Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis di Tanjungpinang. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis meminta kepada Gubernur Kepri agar melakukan pembinaan dalam penyusunan laporan keuangan di Kabupaten Natuna dan Lingga. Pasalnya, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) APBD-nya masih Disclemer atau masih dibawah Opini Wajar Tanpa Pengecualin (WTP).

"Kami meminta kepada Gubernur agar dapat melakukan komunikasi dan pembinaan terhadap Bupati dan DPRD di Kabupaten Natuna dan Lingga," kata Harry Azhar Aziz dalam kunjungannya Ke Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Senin (3/10/2016).

Dijelaskan, hasil audit BPK-RI terhadap APBD di tujuh Kabupaten/Kota dan Provinsi Kepri bahwa Kabupaten Natuna dan Kabupaten Lingga, audit LHP-APBD-nya belum pernah mendapat predikat WTP. Sementara di sejumlah Kabupaten dan Kota lain, termasuk Provinsi Kepri ‎lebih berprestasi dengan perolehan Opini WTP.

"Untuk pelaksanaan tindak lanjut hasil temuan dan rekomendasi BPK-RI, di Kepri Baru Tanjungpinang yang sudah melakukannya.Kami berharap, hal ini dapat diikuti Kabupaten/Kota lain di Kepri, termasuk Provinsi Kepri," katanya.

Secara umum, tambah dia, dari ‎520 Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia pada 2014 lalu, baru ‎3 persen yang memperoleh Opini LHP-APBD yang WTP. Sementara pada 2015 lalu, sudah mencapai 47 persen.

"Sementara ‎dari 86 Kementeriaan dan Lembaga di pusat, baru 71 persen yang memperoleh Opini WTP. Dan 4 Kementeriaan dan Lembaga lainya belum WTP," ujarnya.

Editor: Yudha