Inilah Beragam Kegiatan Festival Bahari Kepri di Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Selasa | 04-10-2016 | 11:00 WIB
Festival1.png

Festival Bahari Kepri (net)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Waktu yang telah semakin mepet memang membuat Pemerintah Kota Tanjungpinang sebagai penyelenggara kegiatan Festival Bahari harus juga bergerak cepat guna merampungkan segala persiapan agar kegiatan berjalan lancar.

Untuk itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan Sekretaris daerah (sekda) Kota Tanjungpinang, Riono bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terus mengadakan rapat guna mensingkronisasikan sarana dan prasarana yang telah siap dan akan disiapkan.

Hasil rapat yang dilakukan Senin (3/10/2016), telah didapati perencanaan sementara, bahwa untuk pembuka kegiatan festival bahari, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menyelenggarakan kegiatan tabligh akbar sekaligus memperingati tahun bari Islam di depan Kantor Perpsutakaan dan arsip daerah. Kegiatan ini sendiri akan diadakan pada tanggal 19 Oktober.

"Festival Bahari akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 30 Oktober, nah sebagai pembuka sekaliguas kita berdoa bersama untuk mensukseskan kegiatan ini, maka tanggal 19 Oktober-nya kita akan melaksanakan kegiatan tabligh Akbar yang mengundang ustad Taufiqurrahman atau biasa disebut Ustad Pantun," terang Riono usai Rapat di Kantor Wali Kota, Senggarang.

Dengan diadakannya kegiatan tabligh akbar dan doa bersama ini, Riono mengimbau masyarakat Tanjungpinang dapat hadir untuk meramaikan kegiatan tersebut.

Kemudian untuk tambahan kegiatan lagi, selain festival sungai carang, Dragon Boat, pada tanggal 22 Oktober Pemko Tanjungpinang juga akan mengadakan pawai dan wisuda 1000 santri.

"Nanti juga kita akan mengadakan lomba memancing, terus juga akan ada festival kuliner khas melayu di Tanjungpinang. Makanya, kita sagat mengharapkan partisipasi masyarakat Kota Tanjungpinang, khususnya di eco heroes, mari kita sambut tamu kita dengan ramah dan tanjungpinang yang bersih," ujar Riono.

Promosikan Destinasi Wisata Tanjungpinang
Setiap kegiatan yang dilaksanakan tentunya memiliki capaian yang diharapkan dapat terpenuhi. Apalagi untuk level Pemerintah, membuat kegiatan besar dengan nilai yang fantastis hingga miliar rupiah tersebut guna mengambil peluang untuk meningatkan perekonomian di Kota Tanjungpinang.

"Kita berharap dengan diadakan kegiatan ini, Kota Tanjungpinang bisa  menjadi pintu gerbang kedatangan wisatawan ke Provinsi Kepulauan riau. Kita bisa memanfaatkan hal ini, karena Kepri adalah Provinsi yang wisatawannya terbanyak nomor 3 setelah Jakarta dan Bali. Jadi, kita harapkan kota kita yang tercinta ini bisa menjadi salah satu pintu gerbang masuknya wisatawan," ujar Riono.

Menurutnya, kegiatan Sail Karimata ini merupakan berkah tersendiri bagi Kota Tanjungpinang. Pasalnya, Pemerintah dan mayarakat bisa berperan sebagai duta pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata yang jadi andalan di Tanjungpinang.

"Karena nantinya akan ada sekitar 200 yacther dari luar negeri yang ikut dalam festival ini. Strategi kita adalah dengan mengajak mereka ikut serta dalam permainan tradisional yang akan disuguhkan, sehingga mereka berasa kerasan dan berharap kembali lagi ke tanjungpinang," ujar Riono.

Editor: Yudha