BMKG Imbau Waspadai Awan Cumulonimbus di Langit Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 04-10-2016 | 10:15 WIB
Cumulonimbus1.jpg

Awan Cumulonimbus. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kondisi cuaca Kota Tanjungpinang dan Bintan pada Selasa (4/10/2016) pada pagi hari diperkirakan cerah, siang berawan dan sebagian daerah akan dilanda hujan bersifat lokal. Sedangkan pada malam hari diperkirakan akan berawan.

Sementara angin akan bertiup dari Selatan menuju Barat dengan Kecepatan 05-25 kilo meter per jam dengan suhu berkisar antara 24 - 33 derajat Celcius dengan kelembapan Udara 65 - 97 persen.

Prakirawan Badan meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang Bhakti Wirakusuma mengatakan, kendati sejumlah wilayah di Bintan dan Tanjungpinang cenderung berawan, namun perlu diwaspadai awan CB (Cumulonimbus) yang dapat menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta ketinggian gelombang sesaat.

‎"Ketinggian gelombang diperairan Tanjungpinang, Batam dan Bintan berkisar 0,2 - 0,5 meter. Sedangkan di perairan Anambas dan Natuna, tinggi gelombang akan berkisar 0,5 - 1,5 meter," ujarnya.

Dari pantauan Satelit Terra Aqua, BMKG juga memantau, terdapat 34 titik api di wilayah Indonesia yang meliputi 20 titik hotspot api di Sumatera dan 14 hotspot titik api di daerah kalimantan.

Editor: Yudha