Danlantamal IV Berikan Pembekalan Satgas Pelantara VI 2016 Sail Karimata
Oleh : Charles Sitompul-Harjo
Rabu | 28-09-2016 | 16:02 WIB
danlantamalngajar.jpg

Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan, SE saat memberikan pembelakan Satgas Pelantara VI 2016. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI S. Irawan SE memberikan pembekalan kepada peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VI dalam rangka Sail Karimata tahun 2016. Pembekalan itu diikuti oleh Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia yang berlangsung di Mako Lantamal IV, Selasa (28/9/2016).

Pembekalan Danlantamal IV dengan tema "Cinta Bahari Demi Masa Depan Bangsa Untuk Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Generasi Muda". Acara dikemas sedemikian rupa agar para peserta tetap semangat mengikutinya diawali dengan persembahan lagu-lagu oleh Vocal Group Lantamal IV dan diselingi penayangan pidato Bungtomo untuk menggugah rasa nasionalisme dan patriotisme peserta.

Di sela-sela pembekalannya Danlantamal IV memberikan pertanyaan kepada peserta bagi yang berhasil menjawab dengan tepat mendapatkan amplop berisi uang, tampak peserta begitu semangat menyimak pembekalan dan materi yang diberikan Danlantamal IV.

Pada bagian lain Danlantamal juga mengulas tentang 5 Pilar kebijakan Maritim yang meliputi, Budaya Maritim, Sumberdaya Maritim, Infrastruktur dan Konektivitas Maritim, Diplomasi Maritim, Pertahanan Maritim.

“Pramuka Saka Bahari harus menumbuh kembangkan semangat bahari dapat dimulai dari kegiatan seperti ini dimana Pramuka Saka Bahari yang datang diutus mewakili masing-masing daerahnya adalah pemuda-pemuda pilihan, di sinilah wadah kalian berinteraksi dan bersosialisasi serta mengembangkan diri dan kepemimpinan,” paparnya.

Peserta Pelantara VI tahun 2016 diikuti 482 orang terdiri dari 332 orang Pramuka Saka Bahari berasal dari 23 kwarda se-Indonesia dan Satgas Bela Negara dari Kemhan RI 150 orang. menggunakan KRI Surabaya- 591 jenis LPD (Landing Platform Dock) milik TNI AL saat ini sedang sandar di Dermaga TNI AL Mentigi Tanjung Uban.

Berangkat dari Jakarta dilepas oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Panjaitan pada tanggal 22 September 2016 di dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sedangkan pada Kamis 29 September 2016 peserta Pelantara akan melaksanakan pentas seni di Tanjung Uban dan keesokan harinya Jumat 30 September akan bertolak ke Ranai Natuna.

Editor: Dardani