Pastikan Kesiapan Sail Selat Karimata, Tim Kemenko Tinjau Persiapan FBK Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 28-09-2016 | 09:50 WIB
guntursakti.jpg

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntuk Sakti menunjukkan persiapan FBK kepada tim dari Kemenko di Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk memastikan kesiapan Festival Bahari Kepri (FBK) dalam rangka Sail Selat Karimata dan Wonderful Indonesia Sailing (WIS) 2016, sejumlah panitia pusat ‎dari Kementerian koorinator Maritin (Kemenko Maritim), Kemenko Polhukam dan Kementerian Pariwisata, meninjau persiapan yang dilakukan pemerintah Provinsi Kepri dan kota Tanjungpinang, Selasa (27/9/2016) di Tanjungpinang.

Salah satu sarana dan kawasan yang ditinjau adalah Gedung Information Tourism Centre (ITC) Gonggong DI Laman Bunda Tepi Laut, Tanjungpinang.

Puncak Festival BAhari Kepri (FBK) yang digelar dengan berbagai kegiatan di Kepri itu, rencananya dipusatakan di Gedung ITC Gonggong Tepi laut, akan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan, peninjauan itu dilakukan untuk melihat sejauh mana progress pembangunan Gedung Gonggong yang sedang dikerjakan.

Rombongan yang berjumlah 15 orang ini dipimpin oleh Asisten Deputi Segmen Pasar Personal, Deputi Nusantara Kementrian Pariwisata RI, Raseno Arya. Rombongan Kementerian didampingi Kadis Pariwisata Kepri Guntur Sakti dan Kadis Perhubungan Muramis.

Raseno Arya mengatakan, pihaknya mengharapkan gedung ini agar dapat bisa dioperasikan saat perhelatan Sail Karimata 2016. Rangkaian FBK akan bermula sejak 20 Oktober hingga 30 Oktober.

Kadis Pariwisata Kepri Guntur Sakit juga menaruh harapan yang tinggi agar pembangunan gedung dapat selesai 100 persen sebelum acara puncak.

"Target kita pada saat event puncak pada 29 Oktober mendatang, Gedung Gonggong ini dapat digunakan," kata Guntur.

Gedung Gonggong sendiri direncanakan akan diserahterimakan kontraknya Oktober mendatang dan bakal diresmikan Wapres RI Jusuf Kalla.

Rangkaian FBK dimulai dengan Eco Heroes, Dragon Boat Race, Festival Gurindam dan Drumband, Panggung Penyair, Wonderful Indonesia Sailing, Wonderful Kepri Expo, The Sound From Motherland of Malay, Seminar Wisata Bahari, Kepri Carnival, Kepri Traditional and Modern Games, Festival Sungai Carang, Sky Lantern dan Festival Drone.

Editor: Dardani