Tim Sampan Layar Se-Kepri Meriahkan Festival Bahari
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 27-09-2016 | 09:14 WIB
BALIHO-FBK.png

Poster Festival Bahari Kepri. (Foto: Dinas Pariwisata Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Festival Bahari Kepri (FBK) dalam Sail Selat Karimata (SSK) di Kepri akan dimeriahkan penampilan tim sampan layar dari kabupate dan kota se-Provinsi Kepri. Mereka akan ikut dalam lomba sampan dayung yang ditaja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang pada Kamis, 29 Oktober 2016 mendatang.

Koordinator Festival Laut Traditional Game Dinas Pariwsata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Maswito mengatakan, keikutsertaan seluruh tim tersebut, telah dikonfirmasi oleh seluruh kabupaten/kota di Kepri.

“Star mulai dari Anjung Cahaya terus mengitari Pulau Penyegat. Kemudian finisnya kembali ke Anjung Cahaya,” ujar Maswito, Senin (26/9/2016).

Masih kata Maswito, dalam lomba sampan layar ini nantinya akan dibagi dalam lima kategori, yaitu, dengan 3 kru atau pendayung, yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Tanjungpinang. Sedangkan, dengan 5,6 hingga 7, 9 hingga 12 kru pendayung sampan digelas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepri.

Untuk kesukseskan acara tersebut, kata Maswito, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dispora Kepri.

"Kami sudah berulang kali melaksanakan rapat dengan Dispora Kepri. Secara teknis kegiatannya sudah oke, tinggal menunggu pelaksanaan lagi,” ujar Maswito yang juga Kasi Promosi Wisata Disparbud Kota Tanjungpinang.

Tim sampan layar dari luar Tanjungpinang, tambah Maswito, nantinya akan dikoordinir langsung oleh Dispora Kepri. Pada H-2 peserta dari luar Kepri sudah sampai di Tanjungpinang. Mereka nanti akan diinapkan di tenda yang dibangun oleh Dispora Kepri di sekitar lokasi perlombaan.

Selain lombah sampan dayung, sejumlah kegiatan dalam festival laut, sempena even, Festival Bahari Kepri dan Seil Selat Karimata juga banyak dilaksanakan Dinas Pariwisata Kepri dan Kota Tanjungpinang. Ada juga lomba sampan layar, jong, sampan dayung, pukul bantal, nambat itik, bakiak, engkrang, voli pantai, renang tradisional dan layang.

"Kegiatan ini nanti akan terkosentari di Anjung Cahaya pada 30 Oktober 2016. Sedangkan voli pantai di lapangan Pinang Marina (Rimba Jaya)," pungkasnya.

Editor: Dardani