Danlantamal IV Kembali ajak Penumpang Pompong Gunakan Life Jacket
Oleh : Harjo
Kamis | 22-09-2016 | 08:38 WIB
lifejacket.jpg

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mengantisipasi agar tidak terulang kembali kecelakaan transportasi pompong yang menghubungkan Tanjungpinang-Pulau Penyengat, Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E sidak terhadap pengguna Life Jacket oleh penumpang di dermaga penyeberangan plantar-2 Tanjungpinang Pulau Penyengat, Rabu (21/9/2016).

 

Dalam inspeksi mendadak di dermaga plantar-2 tersebut Danlantamal IV menemukan tidak seorangpun yang menggunakan alat keselamatan life jacket, hal ini sangat memprihatinkan. Untuk itu guna membantu Pemerintah Daerah, Komandan Pangkalan Utama TNI AL IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E mengerahkan pasukanya, guna mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penggunaan alat keselamatan life jacket yang di sediakan Pemerintah Daerah Kepri yang jumlahnya mencapai 300 buah.

Saat ini masih banyak masyarakat kita yang enggan menggunakan alat keselamatan life jacket dan kita harus tegas kepada mereka ini untuk keselamatan penumpang aturanya harus kita tegakkan dari hal sekecil ini kita membudayakan keselamatan terutama pemilik pompong.

Danlantamal IV mengharapkan, agar semua masyarakat atau yang mempunyai otoritas kewenangan di pelabuhan mari kita sama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat , kita ajarkan cara penggunaan life jacket, jangan life jacket yang ada di perahu pompong hanya di jadikan sebagai hiasan seluruh penumpang saat berada di perahu pompong wajib hukumnya menggunakan life jacket karena musibah biasa setiap saat mengancam penumpang, apalagi kondisi saat ini cuaca kurang bersahabat.

"Kita tidak mengambil alih tugas dari otoritas pelbuhan, namun ini kewajiban kita bersama demi keselamatan masyarakat kita, mari kita bersama-sama bergandeng tangan menyadarkan dan membudayakan keselamatan yang utama tetapi konsekwensinya kita harus siapkan perangkat life jacket," ujar mantan Komandan Komando Pasukan Katak Koarmabar ini.

Menurut Danlantamal IV kita sudah mengusahakan life jacket untuk perahu-perahu pompong dan menyiagakan anggota TNI AL yang terdiri dari Marinir, Pomal dan Satkamla untuk memberikan sosialisasi di pelabuhan plantar-2 penyeberangan untuk mensosialisasikan penggunaan life jacket kepada masyarakat Pulau Penyengat dan masyarakat Tanjungpinang, atau masyarakat yang akan melaksanakan wisata religius ke pulau penyengat yang menggunakan jasa transportasi pomponng, kita harus memberikan pemahaman bahwa setiap individu penumpang wajib menggunakan alat keselamatan life jacket.

Turut serta mendampingi Danlantamal IV, Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, Asops Danlantamal IV Kolonel Laut (P) M. Franky Sihombing, Dansatkamla Lantamal IV Mayor Laut (P) Ferry dan Komandan Yonmarhanlan IV Mayor Marinir Tri Haryanto dan beberapa perwira staf Lantamal IV.

Editor: Dardani