Waspada, Gelombang di Perairan Bintan dan Tanjungpinang Capai 1,5 meter
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 20-09-2016 | 11:55 WIB
gelombangtinggi.jpg

Ilusrasi geombang tinggi yang perlu diwaspadai di perairan Tanjungpinang dan Bintan (foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kota Tanjungpinang memprediksi, kondisi cuaca di Tanjungpinang dan Bintan, dari pagi hingga siang pada Selasa (20/9/2016) berpotensi hujan dan gelombang tinggi.

Bhakti Wira Kusuma petugas prakirawan BMKG Stasiun Tanjungpinang mengatakan, berdasarkan pantauan dari Citra Satelit, sejak pagi pukul 07.10 WIB, wilayah Bintan dan sekitarnya, sudah berlangsung hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

"Diperkirakan hujan akan meluas ke wilayah Kijang, Gesek, Toapaya, dan sebagiaan kota Tanjungpinang, dan akan berlangsung hingga pukul 10.00 WIB," ujarnya.

Kondisi angin, akan berhembus dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 05 - 32 km/jam. Suhu udara antara 24-31 derajat celsisus, dan kelembapan udara 69 -98 persen.

"Gelombang laut, diwilayah Kabupaten Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas juga perlu diwaspadai dengan ketinggian 0,5-1,5 meter,"sebutnya.

Dari titik hotspot satelit Tera Aqua, BMKG juga mendeteksi, ada 6 titik api pembakaran lahan hutan di sumatera, dan 80 titik api pembakaran hutan di daerah Kalimantan.

Atas kondisi cuaca yang cenderung hujan ini, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini, untuk Waspada terhadap awan CB (cumulonimbus) yang dapat menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta ketinggian gelombang sesaat.

Editor: Yudha