Horee, Jembatan I Dompak Sepanjang 1.600 Meter Akhirnya Tersambung
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 14-09-2016 | 10:37 WIB
JembatanIdompak.jpg

Inilah penampakan Jembatan I Dompak sepanjang 1,600 meter yang sudah tersambung. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jembatan I Dompak sepanjang 1.600 meter yang menghubungkan Tanjungpinang dengan pusat pemerintahan Kepri di Pulau Dompak, akhirnya tersambung dengan baik pada Kamis (8/9/2016).

Pembangunan jembatan ini telah dilakukan PT Wijaya Karya (WIKA) sejak 2014 lalu, dan telah beberapa kali dilakukan perpanjangan kontrak atau addendum.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jembatan I Dompak, Rodi Yantari, mengatakan, dirinya sangat bersyukur proyek Jembatan I Dompak tersebut tersambung dengan baik.

"Alhamdulillah, Jembatan I Dompak sudah tersambung dengan baik sejak Kamis kemarin. Saat ini, PT Wijaya Karya (WIKA) selaku kontraktor tinggal menggesa pekerjaan pembangunan bentangan busur, dan secara keseluruh progress pekerjaan jembatan sudah mencapai 99 persen," ujar Rodi Yantari pada wartawan, Selasa (13/9/2016).

Pekerjaan yang tersisa saat ini, tambah Rodi, tinggtal penyelesaian bentangan busur utama sepanjang 120 meter dan bentangan busur yang ketiga sepanjang 20 meter di atas lantai jembatan.

Untuk bentangan busur utama dengan panjang 120 meter,saat ini juga dalam proses pelaksanan pengecoran secara bertahap dan pelaksanaan pengecoran bentangan busur utama diharapkan akan selesai pada minggu ini.

"Selanjutnya untuk bentangan Busur yang ketiga dengan panjang 60 meter diatas lantai tiang P7 ke P8 saat ini masih menunggu keringnya bagian jembatan penyambung yang baru selesai dicor.

Apabila dilihat dari konstruksi jembatan, jelas Rodiantari, progress pelaksanaan pekerjaan jembatan, sebenarnya sudah selesai 100 persen. Tetapi karena masih ada pekerjaan lain di luar konstruksi jembatan, berupa tiga bentangan busur serta pemasangan cable stay, hingga diperhitungkan progress pelaksaan jembatan tinggal minus 1 persen dengan Finishing.

"Batas akhir perpanjangan kontrak kerja masih sampai 31 Oktober 2016 mendatang. Melihat perkembangan yang ada sekarang, kami sangat optimis, pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan baik, sebelum kontrak waktu pelaksanaan berakhir," ujar Rodi.

Editor: Dardani