Idul Adha 1437 H, Rutan Tanjungpinang Sembelih 3 Ekor Kambing

Aris Hardy Halim Berkurban di Rutan Kelas I Tanjungpinang
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Senin | 12-09-2016 | 13:38 WIB
Sembelih-hewan-kurban.gif

Sebagai warga Binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang, mantan anggota DPR Batam, narapidana Aris Hardy Halim (berpakaian orange) yang terjerat korupsi bansos Batam ini berkurban di Rutan (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang turut merayakan kemeriahan Hari Raya Idul Adha yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah, Senin (12/9/2016). 

Setelah menjalani salat Ied berjamaah yang dipimpin oleh Fajar Yusuf di lapangan Rutan, Rutan Tanjungpinang berkurban tiga ekor kambing yang berasal dari sumbangan Yusrizal, narapidana yang terjerat kasus korupsi pengadaan lahan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) Tanjunpinang.

Haris Hadi Halim, narapidana korupsi ‎Bansos ke PS Batam yang dijebloskan ke Rutan Kelas IB Tanjungpinang pada Kamis (28/7/2016), menyumbang satu ekor kambing. Slanjutnya yang terakhir satu ekor kambing yang berasal dari sumbangan seluruh warga binaan.


Warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang turut merayakan kemeriahan Hari Raya Idul Adha dengan berkurban (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Kepala Rutan Kelas I A Tanjungpinang, Rony Widyatmoko, melalui Kasubsi BHP Tama Surahman mengatakan, kurban ini dilakukan berdasarkan inisiatif Rutan selaku petugas dan sumbangsih dari seluruh warga binaan.

"Seluruh warga binaan, patungan untuk membeli satu ekor kambing dan ada juga yang memberi hewan kurban dari pribadi masing-masing warga binaan," ujar Tama

Menurutnya, setelah disembelih, hewan kurban ini diolah menjadi makan siang untuk seluruh warga binaan Rutan ‎dan pihaknya akan mengadakan makan bersama warga binaan.

"Siang nanti kita akan makan bersama, baik itu petugas maupun warga binaan," ungkapnya

Dirinya juga menjelaskan, pada tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya Rutan  Tanjungpinang mendapat hewan kurban tiga ekor sapi dari Pemprov Kepri, namun tahunini tidak mendapatkannya sama sekali. Meskipun pihaknya sudah memberikan pengajuan untuk meminta bantuan hewan kurban tersebut ke pihak Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang dan Kanwil Departemen Agama Provinsi Kepri.

"Sudah kita ajukan permohonannya, tapi tidak ditanggapi dengan alasan sedang mengalami defisit, tetapi untung saja napi memiliki inisiatif untuk berkurban," katannya

Sekedar diketahui, untuk penghuni Rutan pada saat ini sebanyak 327 warga binaan, dimana laki-lai sebanyak 306 orang dan perempuan sebanyak 21 orang.

Editor: Udin