Wali Kota Tanjungpinang Berencana Jadikan Sistem Job Fair Untuk Perekrutan CPNS
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 11-09-2016 | 10:00 WIB
lis-job-fair.jpg

Walikota Tanjungpinang Lis Darmasnyah saat Job Fair yang diadakan di SMKN 1 Tanjungpinang (Foto; Habibi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Job Matching (Job Fair) yang digalakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama Direktoran Pembinaan SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjungpinang dirasakan sangat bagus dan diakui Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah sangat terkoordinir. Melihat sistem teraebut, Lis berencana mengadopsinya untuk perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) di Tanjungpinang kelak.

Lis Darmansyah mengatakan, Job Matching ini mempermudah pencaker untuk melihat kesempatan peluang kerja. Kegiatan ini juga lebih terkoordinir, transparan, langsung dan memotong birokrasi yang awalnya memakan waktu yang cukup panjang.

"Ini merupakan sebuah terobosan yang baik dalam merekrut tenaga kerja. Sebab, disini perusahaan bisa mendapatkan sumber daya manusia yang maksimal, karena bisa memilih yang terbaik," ujarnya.

Untuk itu, hal tersebut nantinya akan dijadikan percontohan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil di Tanjungpinang.

"Ini bisa juga kita buat untuk tahun berikutnya dengan konsep yang sama," ujatnya.

Job Fair yang diadakan di SMKN 1 tersebut diperkirakan mampu merekrut tenaga kerja lebih dari 500 lowongan. Hal itu diharapkan bisa mempermudah para pencari kerja (Pencaker) memperoleh informasi dan mengurangi angka pengangguran di Tanjungpinang dan Kepulauan Riau.

Editor: Surya