Tingkatkan Layanan Publik, Tim Kemenkopolhukam Kunjungi Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 07-09-2016 | 19:02 WIB
TIM-Kemkopolhukam.gif

Tim Kementerian Koordinator Bidan Politik Hukum dan HAM RI adakan kunjungan kerja ke Kepulauan Riau (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Kementerian Koordinator Bidan Politik Hukum dan HAM RI mengadakan kunjungan kerja ke Kepulauan Riau yang dipusatkan di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (7/9/2016).

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pertemuan/audensi pemantauan dan inventarisasi data serta permasalahan tentang pelaksanaan peningkatan pelayanan publik di daerah. Tim rombongan yang berjumlah 5 orang itu dipimpin langsung oleh Drs Agung Pratistho MSi selaku Asdep Koordinasi Peningkatan Pelayan Publik.

Dia mengatakan, tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk menggali informasi/data terkait jasa dan pengadaan barang yang ada di Provinsi Kepri.

"Terkait permasalahan pelayanan publik, kami berharap kita saling sharing informasi dalam pelayanan publik untuk mendorong teman-teman di Kepri dalam memajukan daerahnya dan juga untuk membantu Kemenkopolhukam dalam tugasnya," kata Agung.

Mewakili Gubernur, Plt  Asisten III Provinsi Kepri, Misbardi SSos MSi membuka audensi yang dimulai dengan menjelaskan profil Kepri, kemudian menanggapi tujuan dan maksud kedatangan tim dari Kemenkopolhukam RI terkait pelayanan publik.

"Dalam pelayanan publik ini, kami meminta SKPD terkait membuat SOP mengenai jenis-jenis pelayanan pada masing-masing instansi, sehingga pelayanan yang disajikan jelas dan transpran. Tidak ada kami tutup-tutupi dalam informasi pelayanan publik," kata Misbardi.

Di Kepri sendiri, standar pelayanan yang dibuat saat ini, sudah diperdakan dan sebagian lagi masih ada yang belum, karena sedang dalam proses penyusunan.  

"Bahwa hal itu terus kami terus dorong agar upaya perwujudan pelayanan publik yang prima dapat segera dirasakan," lanjut Misbardi.

Di era Presiden Jokowi, pelayanan publik sangat digiatkan karena termasuk ke dalam nawa cita. Ketua tim rombongan Kemenkopolhukam RI berharap, fasilitas publik agar lebih ditambah dan ditingkatkan. Misalnya pelayanan yang ditujukan untuk disabilitas dan lansia. Kemudian Perkembangan dan inovasi ke depan akan dilakukan lebih ke penggunaan teknologi, misalnya memanfaatkan fasilitas internet.

"Agar tujuan Nasional yang tertuang dalam Nawa Cita tersebut dapat segera terwujud dan dirasakan oleh masyarakat luas," tutup Agung.

Audensi sendiri dihadiri oleh sejumlah SKPD dan FKPD dilingkungan Provinsi Kepulauan Riau, di akhir acara, rombongan Kemenkopolhukan berfoto bersama dan menyerahkan cendra mata dan melanjutkan peninjauan ke lapangan, yakni untuk meninjau ke kantor PTSP Provinsi Kepulauan Riau dan Kantor Samsat Tanjungpinang.

Editor: Udin