Perusahaan Partisipan Capai Target, Job Fair akan Jaring 1.000 Tenaga Kerja
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 07-09-2016 | 18:14 WIB
JOB-FAIR-TPI.gif

Selebaran JOB FAIR di Tanjungpinang (Sumber foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjungpinang, Delisbet mengatakan, untuk Job Fair yang akan dilaksanakan di Asrama Haji, Tanjungpinang, pada tanggal 10-11 September mendatang telah rampung.

Jumlah perusahaan yang ikut berpartisipasi pun sudah mencapai target. Untuk itu, Kementrian Tenaga Kerja dan Pemerintah Kota Tanjungpinang mengharapkan, dari job fair perdana ini akan mampu menjaring 1000 tenaga kerja.

"Target kota ada sekitar 40 perusahaan yang ikut berpartisipasi dan ternyata melebihi, sekarang ada 46 perusahaan. Makanya, jika dari perusahaan bisa menampung 20 orang saja, maka akan sangat banyak tenaga kerja dari Tanjungpinang khususnya," ujar Delisbet saat ditemui di kantornya, Jalan Pramuka, Tanjungpinang, Rabu (7/9/2016).

Delisbet mengatakan, perusahaan yang berpartisipasi pun menyeluruh, mulai dari perbankan, industri, marketing hingga perusahaan asuransi. Oleh karena itu, semua lulusan kemungkinan akan tertampung, tidak dari SMK saja.

Delisbet mengatakan, hingga saat ini yang telah mendaftar untuk ikut job fair di Tanjungpinang mencapai 1000 lebih pencari kerja.

"Tidak muluk-muluk, 70 persen saja dari jumlah pendaftar bisa tertampung di semua perusahaan yang berpartisipasi, itu tentu sangat bagus sekali, karena para pengangguran di Tanjungpinang berkurang," ujarnya.

Delisbet mengatakan, tujuan Kemenakertrans mengadakan job fair ini memang bertujuan untuk membuka seluas-luasnya lapangan kerja bagi masyarakat Kepulauan Riau. Tentunya ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kepri dan Tanjungpinang khususnya, di mana memang diakui, mencari pekerjaan di Kota Gurindam ini cukup sulit.

Gagasan ini pun sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Surjadi, karena memang jumlah pencari kerja sudah sangat banyak sekali.

"Bisa dibilang pencaker kita masih menumpuk, walaupun sudah banyak berkurang. Makanya, ini kesempatan yang luar biasa dan harus benar-benar dimanfaatkan, jangan disia-siakan. Mari datang beramai-ramai ke job fair ini," tutur Surjadi.

Editor: Udin